UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Wilayah VIII Sulawesi, Maluku dan Papua Prof Hamdan Juhannis hadir memberi sambutan dan memotivasi para wisudawan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Wisuda ke 78 tersebut digelar di Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh Makassar, Kamis, 16 Maret 2023.

Ia menyampaikan tiga pesan kepada wisudawan dan wisudawati. Pertama, matematika terbaik dalam menghitung masa depan adalah dengan keputusan yang hari ini sedang berlangsung yakni wisuda sarjana.

Kedua, dalam pikiran kita, bisa belajar dari orang yang berbeda pendapat dengan kita. “Jika kita banyak belajar atau bertemu dengan orang yang kita sering berbeda pendapat, maka disitulah kita banyak mendapatkan pelajaran baik,”ujar Prof Hamdan.

Hal ketiga, sebut Prof Hamdan, bahwa angin berhembus itu tidak bermaksud untuk menggoyangkan pohon atau akar, tetapi angin berhembus untuk menguji sejauh mana ketahanan atau kekuatan pohon atau akar itu sendiri.

“Karena itu wisudawan dan wisudawati sekarang hendaknya bisa menjadi pohon dan akar. Jadi apapun tantangan yang dihadapi sekencang apapun harus bisa bertahan,” ujar Prof Hamdan.

Tak lupa, Prof Hamdan berpesan agar alumni Unismuh selalu menghormati kedua orang tua agar hidup senantiasa diliputi keberkahan.

Leave a Reply