UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismu Makassar menggelar pelatihan auditor dan review dokumen sertifikasi ISO 21001:2018 di Gedung Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh Makassar, Senin – Selasa (13-14) Maret 2023.

Acara ini dibuka Rektor Unismuh Makassar, Prof H Ambo Asse. Hadir Wakil Rektor IV, Dr H Mawardi Pewangi, Sekretaris Badan Penjaminan Mutu, Amrullah Mansida, dekan, wakil dekan, ketua dan sekretaris prodi, serta ketua dan sekretaris Gugus Kendali Mutu (GKM) se- Unismuh.

Sebelum acara dibuka, diawali pengajian oleh Wakil Rektor IV, Dr H Mawardi Pewangi.

Dalam pengajiannya Mawardi Pewangi menyebutkan ada lima kesadaran yang perlu ditanamkan dalam diri kita.

Kelima kesadaran yang dimaksud Mawardi, pertama, bahwa segala sesuatu yang dikerjakan adalah ibadah. Dan agar kegiatan yang dilakukan bernilai ibadah maka aktivitas yang dilakukan niatnya harus bersih.

Kedua adalah menanamkan kesadaran dalam diri kita bahwa apa yang kita miliki apakah itu kesehatan, kekayaan dan lainnya pada dasarnya adalah titipan Allah. Karenanya dibulan suci ramadhan dapat dimanfaatkan sebelum Allah memisahkannya dengan nyawa dan harta yang kita miliki. Maka sebut Mawardi hendaknya memperbanyak melakukan infaq di bulan ramadhan.

Ketiga, kita sadar bahwa apapun yang kita lakukan semuanya akan dimintai pertanggungjawabannya dihadapan Allah SWT. Keempat, menanamkan kesadaran dalam diri kita bahwa seluruh aktivitas kita tidak lepas dari pengawasan Allah SWT.

“Tidak ada satupun dalam aktivitas kita yang lepas dari pengawasan Allah SWT,”tegas Mawardi.

Dikatakan jika melakukan sesuatu dan merasa tidak dilihat oleh Allah maka dianggap telah mendekati kemusyrikan, karena sudah tidak percaya dengan Allah kalau mereka telah diawasi.

“Orang yang selalu merasa diawasi oleh Allah maka pasti akan selalu bersikap jujur dan pasti malu melakukan sesuatu yang dimurkai oleh Allah maupun yang tidal diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kelima adalah memiliki kesadaran akan adanya hari akhir atau hari pembalasan.

Sementara Rektor Unismuh Prof H Ambo Asse dalam sambutannya, menegaskan pelatihan yang dilaksanakan dalam rangka akreditasi ISO 21001:2018 dan akreditasi institusi 2024.

Dikatakan Prof Ambo Asse, akreditasi institusi menjadi unggul pada 2024 sudah menjadi komitmen kita bersama dan ini janji kita yang harus kita capai.

Perguruan Tinggi Muhammadiyah diseluruh Indonesia yang sudah meraih akreditasi institusi unggul baru tiga, yakni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, UHAMKA dan Universitas Muhammadiyah Malang dan berharap menyusul Unismuh Makassar.

Untuk bisa meraih unggul sebut Prof Ambo Asse semangat membara harus terus tumbuh bersama dalam menyempurnakan dokumen sertifikasi akreditasi ISO 21001:2018 serta ASIN untuk meraih akreditasi institusi unggul 2024.

Rektor Prof Ambo Asse menyebutkan, kehadiran tim ahli penjaminan mutu dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, seperti Dr Ir Sukamta yang juga Wakil Rektoe I UMY, Dr Nur Yakin dan Dr Megawati untuk melakukan pendampingan dan arahan diharap tidak disia-siakan.

Dikatakan para peserta yang ikut pelatihan selama dua hari ini dilatih untuk penyusunan dokumen dan setelah dilatih lalu kemudian melakukan pemeriksaan audit internal.

Penanggungjawab kegiatan, Amrullah Mansida yang juga Sekretaris BPM Unismuh dalam laporannya menyebutkan, kegiatan yang diikuti 202 dosen Unismuh ini adalah amanah institusi yang harus dilaksanakan.

Selama dua hari kegiatan, menghadirkan pemateri, Dr Ir Sukamta, Dr Nuryakin, dan Dr Megawati.

Dikatakan Amrullah Mansida, sekarang yang dilaksanakan sudah tahap kedua dari empat tahap dalam mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018, pertama pendampingan penyusunan pengisian dokumen ISO, kedua pelatihan auditor dan review dokumen sertifikasi ISO, ketiga auditor internal dijadwal ketiga auditor internal dijadwalkan awal April serta tahap keempat atau tahap terakhir dilakukan auditor eksternal untuk verifikasi awal Mei atau setelah lebaran.

Leave a Reply