UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Proposal Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2WM).

Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Program P2WM ini diikuti oleh mahasiswa Unismuh baik secara daring maupun luring di ruang UBC lantai II Gedung Iqra, Unismuh Makassar, Sabtu, 11 Maret 2023.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse membuka acara P2WM Unismuh ini secara luring didampingi Ketua LPKA Unismuh Dr Ir Nenny ST MT IPM, dan Sekretaris Dian Pramana Putra SPd MPd.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari tim Kewirausahaan Kemendikbudristek, Jacob Win Acc ST SKom dengan via zoom.

Prof Ambo, saat pembukaan menyampaikan Unismuh Makassar tentu patut bersyukur dengan adanya program kewirausahaan dari kementerian ini.

“Program kewirausahaan ini sangat penting dalam menentukan masa depan mahasiswa,” ujar Rektor Unismuh.

Sebagai pimpinan di Unismuh Prof Ambo Asse juga merasa bersyukur karena baru-baru ini sebanyak 615 mahasiswa Unismuh yang berprestasi secara akademik maupun non akademik telah diberikan penghargaan.

Prof Ambo Asse berharap mahasiswa yang mengikuti pelatihan penyusunan proposal P2MW kelak akan menjadi wirausaha-wirausaha yang sukses.

Untuk menjadi sukses kuncinya sebut Prof Ambo, sambil memberikan semangat kepada mahasiswa, yakni harus memiliki komitmen, ikhkas, serta punya keyakinan yang tinggi untuk ingin sukses.

Kemudian memiliki kesungguhan atau keseriusan dan disertai dengan kesabaran. ” Mau sukses tetapi tidak sungguh-sungguh bekerja, sulit bisa sukses,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut harus secepatnya menyelesaikan proposalnya.

“Saya minta mahasiswa yang sedang mengikuti pelatihan penyusunan proposal P2WM setelah selesai kegiatan langsung diselesaikan proposalnya dan jangan lagi ditunda-tunda,” harap rektor.

Dikatakan hidup ini harus bekerja dan berbuat baik, sebagaimana Allah berbuat baik kepada kita dan janganlah melakukan kerusakan dimuka bumi ini.

Sementara itu, Ketua LPKA Unismuh Dr Nenny, dalam kesempatan ini juga melaporkan kegiatan yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan kedepan.

Salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan LPKA Unismuh baru-baru ini adalah pemberian penghargaan kepada 615 mahasiswa Unismuh yang berprestasi secara akademik dan non akademik, serta lomba poster internasional dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Khusus untuk kegiatan Program Kreativitas, Mahasiswa telah menghasilkan 147 judul proposal meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya.

“LPKA Unismuh akan terus melakukan pendampingan penyusunan proposal mahasiswa dengan harapan agar proposal yang dikirim bisa lolos semuanya,” pungkas Dr Nenny.

Untuk program pendampingan pembuatan proposal PPK Ormawa 2023 yang dilaksanakan dua hari lalu bertujuan untuk mendorong peningkatan ekosistem wirausaha di Perguruan Tinggi.

“Mahasiswa yang ikut dalam kegiatan PPK Ormawa 2023 adalah mahasiswa program sarjana yang masih aktif dan terdaftar di pangkalan data Dikti,” tutup Dr Nenny.

Leave a Reply