UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menggelar Sosialisasi dan Edukasi Gemar Makan Buah dan Sayur bagi anak usia dini untuk mencegah stunting yang dilaksanakan di TK Aisyiyah Kabupaten Jeneponto, Senin, 13 Februari 2023.

Kegiatan PKM ini merupakan program Hibah Riset Muhammadiyah Batch VI Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Tim PKM terdiri dari Rasdiana Mudatsir SP MSi sebagai ketua Tim dan Sumarni BSP MSi sebagai anggota tim Kegiatan ini juga melibatkan 4 orang mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Univeritas Muhammadiyah Makassar.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh siswa dan guru TK Aisyiyah Kabupaten Jeneponto beserta orang tua atau wali murid.

Ketua Tim PKM Rasdiana Mudatsir SP MSi mengatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur pada siswa TK Aisyiyah di Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto serta meningkatkan peran orangtua dalam membantu anak-anak untuk gemar makan sayur dan buah.

“Peran orangtua, terutama ibu, memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah stunting pada anak semisal dengan memberikan makanan dengan asupan gizi yang seimbang mengajarkan anak itu sendiri tentang pola hidup sehat”, katanya.

Ketua Tim menyampaikan materi pertama tentang manfaat mengkonsumsi buah dan sayur buah dan sayur diperlukan tubuh sebagai zat gizi mikro dan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan yang penting bagi pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan tubuh.

“Sehingga, sejak dini anak-anak harus terbiasa untuk mengkonsumsi sayur dan buah, pungkasnya” tambahnya.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti materi dengan aktif memberikan pertanyaan terkait materi yang dibawakan. Begitupun juga ketika sesi praktek pembuatan bekal sehat berbahan dasar sayur dan buah.

Kepala sekolah TK Aisyiyah Jeneponto mengucapkan terima kasih dan sangat senang atas kehadiran para dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini dengan memberikan edukasi kepada siswa untuk lebih gemar makan sayur dan buah.

“Dengan harapan bahwa kepada orangtua setelah kegiatan ini terlaksana orangtua menyiapkan bekal sehat bagi anak mereka,” pungkasnya.

Leave a Reply