UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Tim PKM RisetMU Batch VI yang diketuai oleh Dr Andi Chadijah SP MSi dan Dr Amanda Pattapari melakukan pelatihan Pembuatan Pupuk organik air dengan menggunakan tanaman eceng gondok. Sabtu, 4 Januari 2023.

Pelatihan ini digelar di Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

Dalam kegiatan tersebut Tim PKM juga langsung mempraktekkan tata cara pembuatan pupuk organic cair dan mendesain label produk ketika pupuk cair ini akan dipasarkan.

Pelatihan ini dihadiri oleh kelompok budidaya keramba jaring apung dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang. PKM ini didanai oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Ketua tim Dr Andi Chadijah SP MSi menjelaskan bahwa Danau Tanjung Merdeka merupakan salah satu danau yang digunakan oleh masyarakat untuk berbagai kegiatan seperti olahraga air, memancing dan budidaya ikan.

“Saat ini, danau Tanjung Bunga banyak ditumbuhi tanaman eceng gondok yang perkembangannya cepat sehingga dapat menutupi permukaan danau. Tanaman ini merupakan hama tetapi memiliki manfaat karena dapat dijadikan sebagai bahan pupuk organic cair, hal tersebut yang melatarbelakangi digelarya pelatihan tersebut,” ungkapnya.

Andi Chadijah menambahkan bahwa pelatihan ini bermanfaat bagi masyarakat karena dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengolah eceng gondok yang merupakan hama menjadi pupuk organik cair.

“Pupuk ini dapat berpotensi menambah pendapat masyarakat jika dikembangkan dengan serius mengingat bahan baku yang dibutuh cukup banyak tersedia,” ungkapnya.

Dikatakan Kegiatan Pelatihan tersebut disambut dengan antusias oleh masyarakat dilihat dari aktifnya peserta berdiskusi pada saat pelatihan berlangsung.

“Dengan harapan bahwa kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan menambah keterampilan masyarakat khsususnya kelompok pembudidaya di Tanjung Merdeka,” tukasnya.

(*)

Leave a Reply