UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi (Prodi) Pendidikan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Kuliah Umum Secara Vitual, Selasa, 31 Januari 2023.

Kuliah Umum Pascasarjana yang digelar secara virtual tersebut dihadiri oleh Direktur Program Pascaasarjana Unismuh Makassar Prof Dr Irwan Akib MPd, Dr Ummi Khaeraty MPd, dan Ketua Prodi S3 PSS Unismuh Makassar Dr Sukmawati MPd.

Kuliah Tamu tersebut diikuti oleh Dosen PSS Unismuh Makassar dengan mengusung thema Trend Riset Inovasi Pendidikan Saat ini. Dengan meghadirkan narasumber yakni Dr Evan Doran dari University Of Seadney, Khaeruddin SPd MHum PhD dari University of Newcastle.

Selain Dosen Pascasarjana Kegiatan Kuliah Tamu tersebut diikuti oleh Mahasiswa S3 Pendidikan, Mahasiwa S2 Magister Pendidikan Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Proofesi Guru FKIP Unismuh Makassar.

Dalam sambutannya Direktur Program Pascasarjana Unismuh Makassar Prof Irwan Akib menyampaikan bahwa semoga dalam waktu dua hingga tiga tahun kedepan sudah bisa mengikuti Sidang Promosi dan tentunya juga sangat terkait dengan tema yang kita angkat saat ini.

“Kita berharap bahwa dari dunia pendidikan khususnya pendidikan S3 ataupun S2 di Unismuh yang mempunyai latar belakang pendidikan untuk bisa melahirkan inovasi yang dibutuhkan didalam dunia pendidikan,” ungkapnya.

Dikatakan Inovasi yang bagus tersebut lahir dari Riset yang berkualitas, kita tidak mungkin menghadirkan inovasi khususnya didunia Pendidikan tanpa melalui Riset, untuk berkualitasnya sebuah riset harus memiliki langkah-langkah yang perlu kita ikuti dengan baik.

“Apresasi kepada kaprodi S2 yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut, sehingga Mahasiswa S2 lebih spesifik lagi kepada mahasiswa S3, bisa menemukan permasalahan pendidikan yang tentunya kita angkat menjadi tema riset dan tentunya akan melahirkan bidang pendidikan,” katanya.

Pof Irwan menambahkan bahwa berbicara tentang pendidikan tentunya tidak akan pernah selesai, karena menyangkut persoalan manusia, sepanjang sejarah manusia, sehingga kita membutuhkan para pemikir dan peneliti, preshet atau praktisi bidang pendidikan untuk terus melakukan kajian yang kemudian menghasilkan inovasi, kajian yang kritis, kreatif, lalu kemudian menghasilkan karya yang inofativ untuk berkelanjutan kependidikan.

“Sepanjang masih ada manusia dimuka bumi ini, sepanjang itu pula pendidikan itu menjadi penting apapaun itu ketika kita memasuk era apapaun baik itu era 4.0, distrubsi dan lain sebagainya, tidak bisa tidak pendidikan menjadi menjadi hal yang sangat fundamental dan strategis didalam dunia kehidupan manusia,” tambahnya.

Direktur Program Pascarsarjana ini menuturkan bahwa didalam mengikuti kegiatan ini sangat diharapkan kepada seluruh mahasiswa baik itu Mahasiswa S2 dan S3 Pendidikan untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat menjadi Inspirasi untuk melahirkan permasalahan pendidikan kemudian dikaji secara bersama.

“ Untuk Mahasiswa S2 ini juga merupakan sebuah hal yang sangat penting, apa yang menjadi permasalahan pendidikan sesuai dengan bidang yang dikuti masing-masing, “ tuturnya.

Prof Irwan menutup diakhir sambutannya menyampaikan bahwa demikian juga bagi Mahasiswa baik yang semntara ataupun yang sudah mengikuti PPG yang pendidikan profesi guru merupakan hal yang sangat penting karena merekalah yang berinteraksi langsung kepada para siswa.

“Kita tidak ingin alumni pendidikan profesi guru sama saja dengan yang tidak pendidikan profesi guru, karena ketika kita sudah selesai mengikuti pendidikan Profesi guru harus menjadi guru yang profesional, salah satu yang perlu dipahami oleh gruru profesional adalah memahami permasalahannya disekolah, dan jika sudah memahami permasalahan anda bisa mencarikan jalan keluar,”tandasnya.

Leave a Reply