UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Departemen AIK Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar Baitul Arqam Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter. Kegiatan dihelat di Gedung FKIK Unismuh Makassar Jumat-Sabtu, 27-28 Januari 2023

Menurut dr. Andi Weri Sompa, Sp.S, M.Kes., kegiatan ini bertujuan untuk memperbaharui kesadaran dan pengetahuan mahasiswa tentang kemuhammadiyahan.

Kegiatan ini diikuti 27 orang. Mereka merupakan Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter yang akan mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) di tingkat nasional bulan Februari mendatang.

Ia menambahkan bahwa hal ini juga dilakukan sekaligus untuk mempersiapkan dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Makassar dalam menghadapi kondisi realita di masyarakat.
“Kami tahu pasti adik-adik sudah banyak menggunakan waktu di dua bulan terakhir ini untuk persiapan UKMPPD.” tambahnya

“Untuk itu, Semoga kegiatan ini bisa menjadi momentum adik-adik semua untuk bisa kembali tenang, sekaligus mengasah kembali kemuhammadiyahan kita sebagai kader,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Saiful K, Spd.I menyampaikan kepada civitas FKIK dan peserta Baitul Arqam ini tentang pentingnya proses kaderisasi di Muhammadiyah untuk menguatkan kembali aqidah dan menambah ilmu pengetahuan

“Dalam Q.S. An-Nisa ayat 9, PP Muhammadiyah menafsirkan lebih luas lagi kalimat meninggalkan dzurriyatan dhi’afa, generasi yang lemah, bukan hanya sebatas lemah secara finansial sesuai konteks turunnya ayat ini waktu itu, tetapi juga tentang bagaimana pentingnya memastikan pemurnian akidah dan pengayaan ilmu pengetahuan pada generasi selanjutnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, “Alhamdulillah, ini ketiga kalinya di Sulawesi Selatan civitas akademika di perguruan tinggi muhammadiyah mengadakan Baitul Arqam sebanyak dua kali untuk Mahasiswa, dan FKIK yang pertama kali melakukan di Unismuh Makassar.”

Ke depan, Ketua Departemen AIK FKIK Unismuh, Dr. dr. Dara Ugi, M.Kes. berharap FKIK senantiasa berkomitmen untuk mengusahakan dokter alumni Universitas Muhammadiyah Makassar menjadi dokter yang Amanah, Kompeten, dan Unggul di masyarakat di manapun mereka ditempatkan.

“Sesuai dengan Visi kami di FKIK agar lahir lulusan yang Islami, Terpercaya, dan Unggul dalam bidang Kegawatdaruratan,” ujarnya

“Kami berkomitmen, semoga kegiatan ini kami bisa lakukan secara rutin dan tentu saja mampu meningkatkan kualitas lulusan FKIK Unismuh,” jelasnya

(Humas Unismuh)

Leave a Reply