UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Perpustakaan Fathul Mu’in Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar gelar penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan dan penerbitan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Kegiatan tersebut dihelat di Perpustakaan Pusat Unismuh Makassar Jl Sultan Alauddin, Kamis, 29 Desember 2022.

Memorandum of Understanding (MoU) ini ditandatangani langsung oleh kedua belah pihak yaitu, Wakil Ketua Bidang Kerjasama STIBA Makassar Ahmad Syaripudin, dan Kepala UPT Perpustakaan Unismuh Makassar Nursinah MIP.

Kerjasama ini bertujuan dalam upaya memanfaatkan sumber daya yang ada pada para pihak untuk mengembangkan aspek yang terkait dengan Tri dharma perguruan tinggi.

Pelaksanaan perjanjian ini, akan diatur dan dikomunikasikan lebih lanjut oleh kedua belah pihak sesuai dengan spesifikasi sesuai kegiatan.

Perjanjian kerjasama ini berlaku hingga jangka waktu lima tahun dan dapat diperpanjang atau diubah apabila dipandang perlu dengan atas kesepakatan para pihak yang terlibat.

Ada empat bentuk kerjasama sama yang dilakukan antara perpustakaan Fathul mu’in STIBA dengan UPT perpustakaan dan penerbitan Unismuh Makassar.

Pertama, Kerjasama dan studi banding pengelolaan pendidikan tinggi.

Kedua, kerja sama dalam jaringan kelembagaan antara perputasakaan Fathul Mu’in STIBA Makassar dengan UPT perpustakaan dan penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ketiga, kerjasama dalam bidang pendidikan dan penilitian untuk kedua belah pihak. Terakhir, kerjasama dalam bidang pelayanan perpustakaan.

UPT Perpustakaan Unismuh juga sudah melakukan banyak kerjasama dengan perguruan tinggi lain, yakni Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) , dan Universitas Mataram (Unram).

Nursinah juga mengatakan bahwa perpustakaan Unismuh juga melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Daerah dan Perpustakaan Nasional.

“Kita melakukan kerjasama dengan perpustakaan daerah karna mudah di akses dan berada tepat didepan Unismuh” ungkap Nursinah.

Ia juga mengungkapkan kolaborasi dengan STIBA Makassar ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Karena STIBA berkaitan dengan Bahasa Arab dan Unismuh juga ada Fakultas Agama Islam, sehingga kami memanfaatkan ini untuk peningkatan buku berbasis Bahasa Arab,” tukasnya.

Nursinah juga berharap kerjasama ini dapat menambah peningkatan kualitas, pelayanan perpustakaan, dan juga pemanfaatan koleksi.

Leave a Reply