UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Drs Mawardi Pewangi MPdI mengikuti Seminar Hasil Penelitian Disertasi pada Prodi S3 Pendidikan Islam Program Pascasarjana Unismuh Makassar.

Seminar Hasil tersebut digelar di Ruang Rapat Senat, Gedung Menara Iqra lantai 17, Kampus Unismuh Makassar, Selasa, 20 Desember 2022.

Mawardi memaparkan hasil penelitian di hadapan tiga orang tim penguji, yaitu Prof Ambo Asse, Dr Ilham Muchtar, dan Prof Bahaking Rama.

Dalam menyusun disertasinya Mawardi dibimbing Promotor Dr Muh Ali Bakri dan Co Promotor Dr Rusli Malli.

Disertasi Mawardi berjudul “Integrasi Nilai – Nilai Al – Islam Kemuhammadiyahan (AIK) pada Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Gowa”.

Terdapat dua hal pokok yang menjadi fokus penelitian disertasi Mawardi, yaitu integrasi nilai AIK pada supervisi kepala sekolah dan meningkatkan kinerja guru.

“Kepala Sekolah diharapkan mampu mendorong integrasi nilai AIK sekaligus memberikan dorongan kinerja terhadap guru terutama menyangkut tugas pokoknya guru. Supervisi oleh Kepala Sekolah terhadap guru yang mengelola kelas, sehingga proses belajar mengajar di kelas dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya

Mawardi juga menganalisis realitas implementasi integrasi nilai AIK pada pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan Kinerja Guru di Sekolah Muhammadiyah.

“Nilai AlK yang menjadi poin supervisi pendidikan oleh kepala sekolah adalah nilai keislaman, nilai keikhlasan, nilai kerjasama, nilai tajdid dan nilai kepedulian,” tambahnya.

Mawardi melanjutkan bahwa supervisi pendidikan oleh kepala sekolah ini bertujuan membantu guru agar dapat lebih menyadari tujuan-tujuan pendidikan serta mengerti kebutuhan dan masalah- masalah yang dihadapi siswanya.

Penelitian dilakukan di dua sekolah yaitu SMA Muhammadiyah Limbung Kab.Gowa dan Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Datarang Kab.gowa.

Mawardi yang juga Wakil Ketua PWM yang membidangi Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah Sulsel, mengungkapkan bahwa ia memilih dua sekolah tersebut karena latar belakang sekolah yang hampir berimbang.

“Sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki oleh dua sekolah sama,” ungkapnya.

Mawardi melanjutkan, bahkan untuk MA Muhammadiyah Datarang yang berada di daerah pegunungan menjadi sekolah pilihan bagi masyarakat sekitar dibandingkan sekolah negeri.

“Berikutnya adalah latar belakang pendidik kedua sekolah tersebut, mayoritas alumni Unismuh Makassar dan Kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang telah melalui proses kaderisasi kemuhammadiyahan cukup panjang,” tandas Mawardi.

Hasil penelitian Mawardi menunjukkan, pelaksanaan suvervisi di SMA Muhammadiyah Limbung dan MA Muhammadiyah Datarang dalam penanaman nilai-nilai keislaman termasuk kategori tinggi.

“Realitas pelaksanaan sudah sangat baik, berdasarkan beberapa aspek nilai-nilai keislaman yang sudah diterapkan,” ujarnya.

Hal tersebut, kata Mawardi, ditunjang dengan aktivitas keterlaksanaan AlK di sekolah. Kegiatan tersebut, seperti pelaksanaan Baitul Arqam secara rutin setiap tahun ajaran baru, pengajian rutin setiap bulan, pengajian terpadu Muhammadiyah, Aisyiyah dan ortom Muhammadiyah serta rapat rutin sekolah.

Mawardi Pewangi dinyatakan lulus seminar hasil, dan diminta maju dalam ujian tutup paling lambat pada Bulan Januari 2023.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply