UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Islamic Communication Festival (I-Comfes). Sabtu-Senin, 10-12 Desember 2022.

I-Comfes merupakan ajang perlombaan bergengsi, guna mengembangkan minat, bakat, serta inovasi pelajar dalam bidang komunikasi dan dakwah.

Kegiatan ini menyajikan 4 lomba, yaitu MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an), Pidato 3 Bahasa (Inggris, Arab, Daerah), Desain Poster Dakwah, dan Lomba Video Profil Prodi (khusus untuk mahasiswa KPI).

Ahmad Jihan selaku Ketua Panitia juga menyampaikan, I-Confes merupakan terobosan baru dari Himaprodi KPI FAI Unismuh.

Ia lalu menyampaikan terima kasih atas kerja keras panitia pelaksana di bawah komandonya.

“Event ini tidak akan sukses tanpa kerja keras dari panitia hebat dan luar biasa yang telah mengorbankan tenaga, waktu dan pikirannya untuk menyukseskan event ini,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi para sponsorship, media partner, dan semua elemen yang berpartisipasi untuk menyukseskan event ini.

“Semoga allah membalas dan melipatgandakan kebaikan kita,” ujar Jihan.

Sementara itu, Dekan FAI Unismuh, Dr Amirah Mawardi, mengaku bersyukur atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Semoga semua rangkaian acara berjalan lancar. Dan agar kegiatan menjadi wadah bagi semua siswa dan mahasiswa. Selamat berlomba,” tuturnya.

Diketahui salah satu rangkaian I-Comfes adalah Seminar Komunikasi bertema “Islamic Communication as a Solution In The Era of 5.0”.

Seminar ini terdiri atas 3 materi, di antaranya Komunikasi Islam Sebagai Solusi Daerah Dalam Perspektif Al Qurán dan Hadist, Komunikasi Politik Islam sebagai Solusi di Era 5.0, dan Peran Pemuda Terhadap pengembangan komunikasi Islam dalam politik Indonesia di Era 5.0.

Adapun narasumber yang dihadirkan, yakni Muh Yasin Lc (Alumni Universitas Internasional Of Arika Sudan), Dr Dahlan Lama Bawa MAg (Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan), dan Elly Oschar MPd (Wakil Dekan 3 FAI Unismuh Makassar).

Beberapa institusi pendidikan yang turut serta dalam I-Comfes ini, seperti PUTM (Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah), Universitas Muhammadiyah Bulukumba, UIN Alauddin Makassar, Universitas Sriwijaya, Universitas Muslim Indonesia, STAI Al-Furqan Makassar, STAI Al Gazali Bulukumba, STIE Tri Dharma Nusantara, STIBA, Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan tingkat Sekolah diantaranya PPTQ Imam Ashim, Ponpes An-Nur Tompobulu, Madrasah Arifah, dan Ponpes Anggur Tompobulu Maros.

Leave a Reply