UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar lakukan kerjasama dengan Fakultas Pendidikan Agama Islam dan Fakultas Teknik dan Lingkungan Binaan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Sabtu, 10 Desember 2022.

Kolaborasi ini merupakan Webinar Internasional Morning Class (Collaboration and Sharing Session) dengan tema ‘The Concept of Islamic Residential House’.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pembicara dari Unismuh Makassar Dr Mursyid Mustafa dan Dr M Ilham Muchtar, serta pembicara dari USIM Malaysia Dr Azhani binti Abdul Manaf.

Ilham Muchtar mengungkapkan bahwa rumah dalam Islam tidak sekadar bangunan. “Rumah itu bukan hanya fisik tempat berlindung, tetapi juga rumah adalah madrasah, benteng, dan tempat ketenangan dan kebahagiaan batin,” paparnya.

Ia juga menegaskan bahwa arsitektur rumah sudah seharusnya senapas dengan nilai-nilai dalam Islam.

Mursyid juga mengatakan bahwa nilai islami dalam arsitektur dapat diwujudkan melalui zonasi ruang yang tegas.

“Arsitektur dapat diwujudkan melalui zonasi ruang yang tegas, misalnya mengenai batasan-batasan privat pemilik rumah, Konsep privat terlihat dari elemen pagar, pintu, jendela, dan lainnya,” ungkapnya yang juga merupakan seorang Dosen Arsitektur.

Sementara itu, Pembicara dari USIM Dr Azhani menjelaskan mengenai perkembangan rumah modern dari perspektif Islam di Malaysia.

Menurutnya, nilai-nilai Islami memiliki kelayakan dalam kualitas dan cocok untuk masyarakat multikultural.

Dr Irnawaty selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan ini merupakan awal kolaborasi antar Internasional.

“Kegiatan ini adalah awal kolaborasi internasional antara Unismuh Makassar dan USIM Malaysia.”

Ia juga berharap kedepannya agar kegiatan kerja sama Internasional ini dapat berlangsung secara terus-menerus.

Leave a Reply