UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Pertemuan Bank Indonesia dan Halal Center Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dalam Rangka Mendorong Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi Pusat Industri Halal di Indonesia Timur.

Pertemuan ini dalam rangka membangun sinergi dan kolaborasi untuk mendorong Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Pusat Industri Halal di Indonesia Timur. Di Gedung Bank Indonesia, Jl Jenderal Sudirman, Jumat, 25 November 2022.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel, Causa Iman Karana menyampaikan bahwa mereka siap mendukung berbagai program untuk mendorong Sulsel menjadi pusat industri halal.

“Provinsi Sulawesi Selatan dan Indonesia secara umum mempunyai potensi dalam menghasilkan produk halal untuk diekspor keluar negeri sehingga sinergitas antara regulator, UMKM dan perguruan tinggi diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut,” ungkapnya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan dan Staff Bank Indonesia yang lain yaitu Edwin; M Resha; dan M Hafiz S Pulungan. Dari Halal Center Unismuuh Makassar dihadiri Sekretaris Halal Center Unismuh, Safri Haliding Acc; Director Accounting Halal Center, Dr Jamaluddin Majid; Anggota Halal Center Apt, Sulaiman MKes; serta Staff Halal Center, M Yusuf K SE.

Safri Haliding Acc mengungkapkan bahwa ia berharap kedepannya Halal Center Unismuh Makassar dapat terus bekerjasama dengan Bank Indonesia.

“Muhammadiyah Sulsel mempunyai potensi yang sangat besar untuk pengembangan industri halal dengan memiliki perguruan tinggi, rumah sakit, apotek, sekolah, amal usaha serta warga Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan ini,” jelasnya.

Ia juga menambahkan pengembangan digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga akan menjadi focus dari kerjasama tersebut.

Ia menjelaskan bahwa peran perguruan tinggi dapat menjadi penyambung antara perbankan dan industry UMKM.

“Digitalisasi UMKM saat ini dipandang sebagai cara untuk dapat meningkatkan performa laporan keuangan UMKM,” jelasnya.

Safri Haliding Acc juga menambahkan bahwa ia berharap sinergitas antara Halal Center Unismuh Makassar dan Bank Indonesia Provensi Sulsel serta Stakeholder lainnya dalam pengembangan industry halal.

(Rls / Nur Apni)

Leave a Reply