UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Muztazim, Mahasiswa Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih juara 3 di lomba menulis esai tingkat Nasional.

Ia mengungkapkan bahwa motivasi mengikuti lomba karya tulis ilmiah (KTI) atau esai yaitu untuk meningkatkan literasi. Hal itu diungkapkan di Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Senin, 28 November 2022.

“Motivasi saya untuk mengikuti lomba ini tidak semata-mata hanya karena prestasi tetapi juga untuk meningkatkan pemahaman dan jiwa literasi yang saya miliki,” ungkapnya.

Lomba tersebut digelar oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM). Tema yang diangkat, yakni “Pertanian Berkarya VII (PAKAR VII)”.

Mustazim menulis esai yang berjudul ‘Petani Milenial Sejahtera (PMS): Platform digital sebagai upaya meningkatkan minat tani pemuda’.

Ia menerangkan bahwa banyak tantangan yang ia lalui ketika mengikuti lomba ini yaitu sering terkendalanya masalah fasilitas seperti laptop.

“Karena saya tidak memiliki laptop, jadi saya harus meminjam laptop teman atau keluarga saya untuk mengetik atau mencari referensi,” paparnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pencapaian yang ia miliki sekarang tidak lepas dari dukungan keluarga dan teman-temannya, terkhusus pihak kampus sendiri terutama Wakil Dekan III FT Unismuh, Fauzan Hamdi MT IPM.

“Saya secara pribadi mengucapkan terimaksih kepada Fakultas Teknik Unismuh Makassar khusunya Pak Fauzan WD III, yang selalu memotivasi kami untuk berprestasi, semoga kedepannya saya dan teman-teman dapat meraih lebih banyak prestasi,” tambah Mustazim.

Sebelum kuliah di Unismuh, Mustazim menyelesaikan pendidikan di SD Negeri Lassang (2008 – 2013), SMP Negeri 2 Polut (2013 – 2016), SMK Negeri 6 Takalar (2016 – 2019), dan Universitas Muslim Indonesia (2019 – 2020).

Ia juga sangat aktif berorganisasi dan pernah menjadi Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan Pemuda dan Pelajar : Himpunan Pelajar Mahasiswa Takalar Periode 2022 – 2023; Ketua Bidang Usaha Kreatif : Karang Taruna Desa Lassang Periode 2022 – 2023; Founder Lab. Radiasi (Rana Diskusi Insan Arsitektur Sipil); serta Peserta Formalitas Goes To International di Malaysia.

(Nur Apni)

Leave a Reply