UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab (HMJ PBA) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar aksi donor darah dengan tema “Teteskan Darah Kini, Untuk Mereka Yang Membutuhkan Nanti.”

Kegiatan tersebut digelar dengan bekerjasama Pengurus KSR-PMI Unit 114 Unismuh Makassar, di Gedung Iqra Lantai 1, Jl Sultan Alauddin, Selasa, 22 November 2022.

“Dalam kegiatan aksi donor darah kami dibantu oleh kakanda pengurus KSR-PMI Unismuh dan tim medis dari PMI itu sendiri,” ungkap Sekretaris Bidang Sosial dan Ekonomi, Nurul Istiqamah Abu.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkan dan para pendonor merupakan orang umum yang telah memenuhi persyaratan untuk melakukan donor darah.

“Kami melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan membantu saudara kita yang sedang membutuhkan, dan ini juga merupakan program kerja dari bidang kami yang dilaksanakan setiap satu kali dalam satu periode,” jelasnya.

“Adapun syarat untuk melakukan donor darah yaitu mempunyai berat badan minimal 45 kilogram, dalam keadaan sehat, tidak begadang sehari sebelum melakukan donor darah, dan pendonor telah makan dan minum sebelum donor darah, serta tiidak dalam keadaan menstruasi bagi perempuan,” tambahnya.

Nurul menjelaskan manfaat melakukan donor darah diantaranya mengurangi resiko terkena penyakit jantung, mengurangi berat badan, dan membuat pikiran stabil.

“Ada banyak manfaat melakukan donor darah yaitu mengurangi penyakit jantung, dapat juga mengurangi berat badan, mengurangi resiko terkena kanker, dan yang paling utama mendapatkan pahala dari Allah SWT,” paparnya.

Ia juga menambahkan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kedepannya kegiatan aksi donor darah dapat terus dilaksanakan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan saya juga berharap bahwa kedepannya kegiatan donor darah ini dapat tetap rutin dilaksanakan, dan pendonor semakin banyak,” ungkapnya.

(Nur Apni)

Leave a Reply