UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR– Mahasiswa Kuliah Kerja Prakter (KKP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Fakultas Pertanian sukses melaksanakan Seminar Program Kerja yang bertempat di Green House Kelompok Tani Mamapang, Kamis 10 November 2022.

Turut hadir pada kegiatan seminar ini yaitu Sekretaris kelurahan Barombong Bangun, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Barombong, Ketua karang Taruna, RT dan RW , dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Barombong Serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Ketua Panitia KKP.

Adapun Program Kerja Mahasiswa KKP Unismuh Makassar, yaitu Pembentukan Ranting Muhammadiyah, sosialisasi Pemanfaatan apotek rumah sebagai apotek hidup dan sumber gizi, penyuluhan Proof Of Concept (POC) dari rumah tangga dan pupuk kompos, seminar agroindustry, penyelenggaraan jenazah, festival keagamaan, pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ibu rumah tangga, Pendampingan (Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Koordinator Kelurahan KKP dalam hal ini Ansar Parawansa, mengungkapkan bahwa seminar program kerja telah dilaksanakan sesuai dengan pola pembinaan kemahasiswaan di Unismuh Makassar.

Ia juga mengatakan kegiatan KKP Reguler Fakultas Pertanian yang diikuti 43 Mahasiswa terdiri dari 4 Posko dan terbagi dibeberapa RW di kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

“KKP adalah kegiatan implementasi dari Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yaitu Pendidikan, Penelitian, pengabdian, dan Al-Islam Kemuhammadiyaaan. Kami berharap agar Pemerintah dan Masyarakat untuk banyak Berkolaborasi menuju Kemajuan Bersama lama kegiatan KKP ini mulai tanggal 7 November sampai 31 Desember 2022,” tambahnya.

Di samping hal itu, Kepala BPP Karim SP menitip pesan agar banyak mahasiswa terjun ke lapangan untuk melihat langsung kondisi pertanian dan akan mendukung kegiatan-kegiatan KKP yang akan dilaksanakan di Kelurahan Barombong.

Kemudian dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan seminar secara resmi Sekretaris Kelurahan Hasna menyampaikan bahwa apapun kegiatan dari mahasiswa nantinya akan didukung sebaik mungkin.

Hasna juga berharap mahasiswa dapat memberikan kesan yang baik karena KKP hanya berlaku sekali selama menempuh pendidikan.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply