UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Widyagama Mahakam (UWGM) Samarinda dan Faizal Hafied & Partner (FHP) Law School Jakarta.

Selain MoU, ada pula penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) atau perjanjian antara FHP dengan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh, khususnya untuk pengembangan SDM dosen dan mahasiswa prodi Hukum Keluarga dan Hukum Ekonomi Syariah.

Menurut Maharida, Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama, dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh, kegiatan ini bertujuan untuk menindaklanjuti kerjasama Unismuh Makassar dengan UWGM Samarinda dan FHP Law School Jakarta. Acara digelar di Gedung Iqra lantai 17 Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin.

Kegiatan ini diikuti sekitar 30 orang. Mereka merupakan Rektor Unismuh, Para Wakil Rektor Unismuh, Dekan Unismuh, Presiden FHP Law School Jakarta, Rektor UWGM Samarinda, dan beberapa mahasiswa berprestasi.

Rektor UWGM Dr Ali Mushofa mengungkapkan bahwa mereka mengharapkan untuk tetap dapat bekerjasama dengan beberapa kampus termasuk Unismuh karena mereka masih ingin belajar baik di bidang akademik dan non-akademik.

“Selain Universitas Muhammadiyah Makassar kami juga telah bekerjasama dengan beberapa Universitas Muhammadiyah lainnya, salah satunya Universitas Muhammadiyah Riau,” ungkapnya.

Presiden FHP Law School Jakarta, Faizal Hafied MH menerangkan bahwa mereka mengharapkan kerjasama dengan berbagai kampus untuk beasiswa mahasiswa berprestasi di bidang hukum.

“Kami merupakan perguruan tinggi profesi hukum dan kami memberikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan profesinya,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa mereka memberikan materi penguatan kebangsaan dan penguatan korupsi pada mahasiswa.

“Kami harap dengan program ini, kedepannya hukum-hukum di Indonesia menjadi lebih baik dengan adanya mahasiswa berprestasi,” ungkapnya.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse mengungkapkan dalam sambutannya bahwa ia sangat senang dengan kerjasama ini. Ia juga mengharapkan bahwa kerjasama ini kedepannya akan menjadi lebih baik.

“Saya sangat senang dengan kerjasama ini, saya harap kedepannya akan banyak mahasiswa terutama mahasiswa sarjana hukum dapat langsung melanjutkan pendidikan profesi hukum,” jelasnya.

Setelah acara sambutan dilanjutkan acara penandatangan MoU, penandatangan pertama dimulai dengan UWGM Samarinda dan dilanjut FHP Law School Jakarta. Kemudian acara diakhiri dengan penerimaan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan penukaran cinderamata.

Harapan Dekan FAI

Sementara itu, Dekan FAI Unismuh Makassar Dr Amirah Mawadi, saat dikonfirmasi usai acara, menyampaikan rasa syukur atas kerja sama tersebut.

Lebih lanjut, Amirah berharap MoA bahwa berlanjut ke IA (Implementation of Agreement) untuk meningkatkan kualitas akreditasi setiap prodi khususnya dalam bidang kerjasama.

Leave a Reply