UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Hari ini, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan The International Institute Knowledge Management (TIIKM) Sri Lanka menggelar Seminar Kolaborasi Internasional.

Seminar ini berlangsung di Ruang Rapat Senat Gedung Menara Iqra Unismuh Makassar, Selasa 26 Oktober 2022.

Hadir Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Drs KH Mawardi Pewangi MPdI, pimpinan fakultas dan lembaga se Unismuh Makassar, serta Director and co-Founder TIIKM, Mr. Isanka P. Gamage.

Perwakilan TIIKM Sri Lanka menjelaskan, kerjasama pihaknya dengan perguruan tinggi di Indonesia sudah berlangsung sejak tahun 2019.

Khusus untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA), TIIKM Sri Lanka telah aktif berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Malang.

Pihaknya berharap untuk kolaborasi kedua, yakni bersama Unismuh Makassar, akan terbangun sinergitas yang saling menguntungkan.

Sementara itu, Abd. Rakhim Nanda selaku Pelaksana Harian Rektor (PHR) Unismuh Makassar, mendorong agar kerjasama ini dapat dimaksimalkan.

Kerjasama yang dimaksud terutama dalam rangka penelitian kolaborasi internasional dan konferensi, dengan memperhatikan syarat syarat pelaksanaan sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

“Kegiatan internasionalisasi perguruan tinggi menjadi bagian terpenting yang harus didorong, baik di bidang akademik maupun non akademik,” ungkapnya.

Pada Seminar ini, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak.

Selain itu, berlangsung sharing session terkait pemahaman global terhadap penguatan dan pemberdayaan kegiatan penelitian dan pendidikan.

“Dengan demikian, kegiatan ini akan menjadi wadah untuk berbagi informasi dan peluang kolaborasi,” tukas Abd. Rakhim Nanda.

Adapun tindak lanjut kerjasama berikutnya, yakni diskusi implementasi dalam hal penelitian dan konferensi yang akan digelar pada November 2022 mendatang.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply