UNISMUH.AC.ID MAKASSAR – Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) menggelar pelatihan budidaya ikan nila sistem bioplok bagi mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan, Senin 25 Oktober 2022.

Kegiatan pelatihan yang melibatkan mahasiswa Prodi Budidaya Perairan Unismuh di laksanakan di Laborartorium Budidaya Perairan Fakultas Pertanian
Unismuh Makassar.

Kegiatan praktisi mengajar mengusung tema “Melalui Budidaya Ikan Nila dengan Sistem Bioflok pada Lahan yang Sempit “.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari Balai Perikanan Budidaya Air Payau Takalar, Unit Pelaksana Tugas (UPT) Kementrian Keluatan dan Perikanan, Irwan SPi.

Dalam kesempatan ini Irwa mengatakan, materi pelatihan akan mengajarkan mengenai kelebihan berusaha menggunakan sistem bioflok.

Dikatakan, budidaya ikan nila dengan sistem bioplok selain ramah lingkungan, juga sangat memungkinkan dilakukan pada lahan yang sempit, serta memberikan keuntungan yang menjanjikan dan waktu (usia) budidaya sangat singkat yaitu 1-2 bulan.

Irwan dalam paparannya menyebutkan usaha budidaya ikan nila sistem bioflok dapat dijadikan usaha yang potensial, karena permintaan pasar cukup tinggi.

“Budidaya ikan nila sistem bioplok, modalnya relatif tidak besar,”ujar Irwan

Selama pelatihan mahasiswa diajarkan cara membuat media flok serta tehnik budidaya ikan.

Kegiatan pelatihan budidaya ikan nila sistem bioflok disambut baik oleh Pimpinan Fakultas Pertanian Dr Ir Andi Khaeriyah MPd.

Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Andi Khaeriyah berharap pelatihan kewirausahaan ini dapat memberi wawasan serta keterampilan kepada mahasiswa. Sehingga kelak mampu berwirausaha secara mandiri,katanya.

Ketua Prodi Budidaya Perairan, Asni Anwar SPi, MSi juga mengharapkan pelatihan kewirausahaan ini mampu melahirkan pengusaha muda yang bergerak di bidang budidaya ikan.

“Nantinya dari pelatihan ini kita mampu menghasilkan wirausaha muda yang bergerak dibidang perikanan,”tutupnya.

(Rls)

Leave a Reply