UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar meraih akreditasi Unggul. Akreditasi tersebut dikeluarkan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), Senin 24 Oktober 2022.

Hal tersebut tertuang dalam Nomor SK 516/SK/LAMDIK/Ak/S/X/2022 yang dikeluarkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yang berlaku hingga tahun 2027.

Ketua Prodi PBSI FKIP Unismuh Dr Andi Paida menyampaikan terimakasih kepada semua pihak telah memberikan yang terbaik sehingga bisa meraih akreditasi unggul.

Ia menceritakan bahwa awalnya pihaknya sedikit kesulitan dalam menyusun borang karena adanya pola baru yang sebelumnya menggunakan 7 standar lalu berubah menjadi 9 kriteria sehingga tentu butuh adaptasi.

“Termasuk peralihan sistem akreditasi dari sebelumnya melalui BAN-PT ke LAMDIK. Namun karena kekompakan tim akhirnya dapat disusun berdasarkan instrumen-instrumen yang ada,” tuturnya.

Pencapaian akreditasi Unggul memang telah menjadi target pencapaian PBSI Unismuh. Apalagi sebelumnya PBSI telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

“Kami memiliki komitmen yang kuat untuk memaksimalkan seluruh kemampuan terbaik demi nama besar prodi,” ungkap Andi Paida.

Ia juga dan juga kami diberikan dukungan luar biasa dari berbagai pihak, Pimpinan Universitas, pimpinan Fakultas, Dosen, para pengguna alumni, sekolah mitra, alumni, mahasiswa dan sebagainya,” tambahnya.

“Semua memberikan dukungan dan mendukung penuh mulai awal hingga terbitnya pengumuman hasil akreditasi turut andil yang sangat besar terhadap pencapaian ini,” imbuhnya.

Dengan demikian, Kaprodi PBSI Unismuh ini berharap capaian ini dapat dipertahankan dan dimaksimalkan lagi pada masa mendatang.

“Capaian ini tidak akan membuat kami cepat puas. Kami akan bekerja maksimal untuk dapat membuktikan bahwa hasil akreditasi yang diraih dapat kami pertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Kami juga berharap dengan dukungan semua pihak, kualitas pengelolaan prodi akan terus ditingkatkan,” harapnya.

Menyusul Prestasi Matematika

Dekan FKIP Unismuh Makassar Erwin Akib PhD menyampaikan kesyukuran atas akreditasi unggul yang diraih PBSI Unismuh Makassar.

“Alhamdulillah bersyukur atas nikmat Allah, SWT, karena prodi PBSI bisa unggul dan sebelumnya kita juga meraih akreditasi unggul Prodi Matematika,” ungkapnya.

Ia mengatakan capaian yang diraih Prodi PBSI Unismuh Makassar dan Prodi lainnya tidak terlepas dari kerja-kerja yang maksimal. Menurutnya, prinsip yang dianut yakni kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas.

Menurut Erwin, yang tak kalah penting dalam bekerja adalah bekerja dengan penuh kekompakan sehingga segala yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik.

“Kita harus betul-betul kompak dan menyatu dengan baik, saya kira kerja-kerja kita itu bisa terselesaikan dan saya kira khusus Prodi PBSI yang unggul ini karena memang dasar dari akreditasi A kemudian coba kita maksimalkan akhirnya mendapatkan akreditasi unggul dari LAMDIK,” ucap Erwin.

Melalui raihan tersebut, Erwin berharap, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan PBSI di Unismuh akan semakin meningkat.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply