UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Profesi (KKP) angkatan ke XXV.

Kegiatan Pembekalan KKP FISIP unismuh Makassar ini digelar di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Senin 24 Oktober 2022.

Hadir dalam kegiatan pembekalan KKP tersebut yakni Dekan FSIP Unismuh Makassar Dr Ihyani Malik, para Wakil Dekan, Supervisor KKP FISIP Unismuh Makassar.

Turut hadir sebagai narasumber, Wakil Bupati Kabupaten Pangkep Syahban Sammana SH.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pembekalan KKP FISIP Unismuh Makassar Sukri MSi menyampaikan bahwa sebanyak 366 peserta yang akan mengikuti kegiatan pembekalan KKP di Kabupaten Pangkep.

“Sekitar 50 Desa atau kelurahan yang tersebar daratan Kabupaten Pangkep,” ungkap Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh ini

Lebih lanjut Sukri menambahkan bahwa selain di Kabupaten Pangkep, para mahasiswa ini juga disebar di berbagai daerah, termasuk di Jakarta.

Pelaksanaan pembekalan KKP digelar selama satu hari. Materi pembekalan tersebut dimulai dari Pimpinan Fakultas hingga kepala Daerah yang hadir dalam kesempatan tersebut.

“Kepada seluruh mahasiswa untuk mengikuti seluruh rangkaian pembekalan KKP, karena segala hal dalam yang akan kita lakukan selama mengikuti proses KKP akan dijelaskan secara rinci,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan FISIP Unismuh Dr Ihyani Malik menyampaikan bahwa ada juga mahasiswa yang melakukan KKP di Jakarta Pusat, yakni di Bawaslu RI.

Ada pula yang mengambil lokasi di Pelindo, Kota Makassar, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa.

“Saat ini ada beberapa orang yang sedang melakukan KKP di Thailand, dan nantinya pada bulan November sebanyak tujuh orang yang akan menyusul untuk melakukan KKN Internasional, dan juga baru-baru ini telah kembali dari Davao Filipina,” ungkapnya.

Lebih Lanjut Nakhoda FISIP Unismuh Makassar mengatakan bahwa KKP bukan hanya sekedar program, tetapi nantinya setelah selesai para mahasiswa diharapkan untuk membuat laporan, harus ada produk output pelaksanaan KKP.

“Nantinya Supervisor akan mengawal kalian hasil dari KKP nantinya akan lahir laporan dalam bentuk tulisan ilmiah yang bisa diterbitkan di jurnal,” ujar Ihyani.

Dalam pembekalan ini, Wakil Bupati Kabupaten Pangkep Syahban Sammana SH didaulat untuk memberikan pemaparan materi tentang gambaran daerah Kabupaten Pangkep.

Sesuai rencana peserta KKP ke-XXV yang berlokasi di Pangkep akan dilepas ke lokasi Rabu 26 Oktober 2022, dan diterima secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Pangkep.

Tampil selaku nara sumber, Wakil Dekan I FISIP Andi Luhur Prianto MSi (Penjelasan Teknis dan Program KKP), Ketua LP3M Dr Abu Bakar Idhan (Peranan dan Manfaat KKP Bagi Mahasiswa).

Wakil Dekan IV FISIP Muhammad Amin (Integrasi KKP dengan Nilai-Nilai AIK dalam Pengelolaan dan
Pemberdayaan Persyarikatan Muhammadiyah).

Leave a Reply