UNISMUHA.C.ID, MAKASSAR – Program Studi (Prod) Budidaya Perairan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali menggelar kuliah tamu dengan tema Peningkatan Produksi Budidaya Udang Vaname melalui penggunaan bibit unggul.

Kuliah tamu menghadirkan narasumber Ir H Muh Ishak MSi Direktur Budidaya dan Pemasaran PT. Esa Putlii Pratama.

Kuliah Tamu ini dihadiri oleh Dosen Fakultas Pertanian dan Prodi Budidaya Perairan, Mahasiswa dan Alumni yang digelar secara Daring, Selasa 18 Oktober 2022.

Dalam penyampaian materi ada beberapa poin yang beliau sampaikan terkait strategi pengembangan Budidaya yakni Pengembangan budidaya Kawasan secara bertahap, Penerapan teknologi berkelanjutan, pengembangan segmentasi produksi, penyediaan benih unggul dan berkualitas, dukungan dana penguatan modal, pengembangan sertifikasi unit pembenihan dan unit usaha budidaya dan terkahir pendekatan akuabisnis.

Kaprodi Budidaya Perairan Asni Anwar SPi MSi dalam sambutannya menyampaikan beberapa informasi awal bahwa alumni prodi BDP sebanyak 5 telah bergabung bekerja di PT Esaputli Prakarsa Utama, dan menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi prodi karena telah diberi kepercayaan oleh PT Esaputli untuk Bersama memajukan perusahaan.

“Selain itu, kaprodi menegaskan bahwasanya kuliah tamu ini, sudah sangat lama diinginkan oleh Prodi, karena sangat banyak memberi manfaat terhadap institusi yaitu menunjang terlaksananya IKU 4 dalam program MBKM yaitu praktisi mengajar dikampus.

Lebih Lanjut Asni menyampaikan bahwa program ini menjadi kewajiban sebuah perguruan tinggi jika ingin memperoleh Akreditasi yang lebih baik, dan alhamdulillah sampai saat ini Prodi Budidaya Perairan telah memperoleh akreditasi A.

“Semoga dengan adanya Kerjasama dengan dunia industry khususnya dengan PT Esaputli, dapat menunjang tercapainya akreditasi unggul oleh Prodi Budidaya Perairan Sehingga kami berharap Kerjasama ini tidak hanya sebatas kuliah tamu, tapi lebih dari ini sangat kami harapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian yang diwakili oleh Wakil Dekan III FP Unismuh Makassar Muhamad Ikbal SPi MSi dalam sambutannya mengapresiasi Kuliah Tamu yang di laksanakan oleh Prodi Budidaya Perairan artinya relevan dengan tuntutan IKU 6 dan 7 yakni Program studi bekerja sama dengan mitra dan kelas kolaboratif dan partisipatif dengan dunia usaha dan industri.

“Selain itu, kuliah tamu kali ini membuka ruang silaturahim antara prodi BDP dengan Dunia Industri,sehingga akan membuka ruang Kerjasama yang lebih banyak apatahlagi bahwa beberapa tahun terakhir ,PT Esaputli telah banyak memberi kesempatan kepada mahasiswa kami untuk melaksanakan praktek kerja lapang(magang) di perusahaannya.

Lebih Lanjut Iqbal menambahkan bahwa artinya dengan adanya kuliah tamu dapat Membuka atau memberi wawasan, pemahaman agar mahasiswa di Perguruan Tinggi lebih adaftif dan fleksibel denga dunia kerja, dunia industry, serta berbagi informasi atas kemajuan perkembangan yang begitu cepat.

“Kuliah tamu ini sebagai media atau wadah dunia industry membagi pengalaman nyata dilapangan kedalam kampus, dan informasi ini menjadi sangat penting bagi kemajuan iptek di dunia kampus, khususnya untuk peningkatan produksi udang vaname tutupnya,” tukasnya.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply