UNISMUH.AC.ID, TAKALAR – Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Sosialisasi Pengemasan dan E-Catalog dalam Upaya Meningkatkan Pemasaran Produk Perikanan Ikan Kering Nelayan di Kabupaten Takalar.

Ketua Tim Pengabdian Nadir SP MSi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah bentuk pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dimana Dosen dituntut untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk transfer pengetahuan dan membantu masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri 30 orang dan dihadiri Oleh Pemerintah setempat mewakili pemerintah desa, pengurus Bumdes, dan tokoh masyarakat.

Nadir bersama beberapa anggota tim diantaranya Dr Amruddin SPt MPd MSi, Sumarni BS.P MSi dan Ni Luh Suryaningsih dosen dari Universitas Musamus Merauke sebagai Mitra Kolaborasi PKM, dan mahasiswa Unismuh

Dalam pengantarnya Nadir sebagai ketua Tim menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana melihat bahwa Galesong yang merupakan daerah penghasil perikanan terbesar di Takalar salah satunya penghasil ikan kering melihat bahwa selama ini ikan kering dijual dengan menggunakan kantong keresek

“Sehingga, menurutnya selain kemasannya tidak menarik, jangkuan penjualannya juga tidak jauh dan hanya dijual dipinggiran jalan dan dirumah padahal ketika ikan kering ini dikemas dengan baik maka produk ikan kering ini bisa dijual di minimarket yang ada di Takalar bahkan di Makassar dan bisa menjadi oleh-oleh ikan kering khas Galesong,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, materi pertama dipaparkan oleh Dr. Amruddin tentang E-Commerce dimana dalam materinya memaparkan tentang strategi pemasaran lewat Aplikasi dan medsos sehingga produk masyarakat bisa dikenal luas oleh masyarakat.

Materi kedua di Paparkan Oleh Ni Luh Sri Suryaningsih yang juga dosen Dari Prodi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Musamus Merauke Papua Selatan, Ni Luh membawa materi tentang pengemasan ikan asin, dimana menjelaskan bahwa pentingnya pengemasan bagi produk-produk Jualan, terutama produk ikan asin/kering selain menarik juga dapat menambah daya tahan produk, selain itu juga pengemasan dapat meningkat nilai jual dan kualitas produk.

Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan PKM Kolaborasi Nasional antara Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar dengan Prodi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Musamus Merauke Papua Selatan

Diharapkan dengan adanya PKM kolaborasi ini para pemelik usaha memeliki kesadaran akan pentingnya pengemasan yang baik bagi produk jualan mereka.

“Alhamdulillah kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat maupun pemerintah desa,” tambahnya.

Salah satu anggota BPD dan juga masyarakat Desa Kalukuang Supiati Dg Kanang mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mempengaruhi dan memberikan contoh di masyarakat terkhusus para pelaku usaha di Desa Kalukuang,

Terakhir kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah desa, masyarakat dan terkhusus buat LP3M Unismuh Makassar yang telah membantu untuk terlaksananya kegiatan ini.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply