UNISMUH.AC.ID, MATARAM – Tim mahasiswa dari Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih juara 3 dalan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

Lomba bertema “Beautiful in Deep And Enchanting Up High” ini merupakan rangkaian Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Program Studi Informatika (APSI) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA).

Tiga mahasiswa Unismuh yang turut serta, yakni Fauzan Azhari Rahman, Andi Firqatun Najiah, dan Galbi Nadifah.

Fauzan Azhari selaku ketua tim mengungkapkan bahwa mereka mengajukan karya tulis berjudul “Inovasi Digital Smart Tourism: Destinasi Wisata Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat”.

Smart Tourism, kata Fauzan, adalah aplikasi layanan publik digital yang bertujuan untuk
menyelesaikan permasalahan para wisatawan.

Aplikasi ini fokus untuk
memonitoring berbagai informasi terkait tempat wisata yang ada di Mataram.

“Sehingga dengan adanya aplikasi ini, memudahkan dalam memperkenalkan, mengetahui, dan mengunjungi tempat tempat wisata yang ada di Kota Mataram,” jelasnya pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Dosen Pembimbing LKTI Unismuh, Titin Wahyuni MT, menyampaikan bahwa mereka yang ikut lomba merupakan mahasiswa baru angkatan 2022.

“Jadi pastinya akan menambah pengalaman, menumbuhkan etos ilmiah, tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (pemikiran) dan karya tulis ilmiah dalam bidang pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studi adik adik mahasiswa,” tuturnya.

Titin menambahkan, mahasiswa selalu ditekankan agar tidak merasa terbebani untuk meraih juara saat mereka mengikuti perlombaan.

“Jadikan pengalaman. Kita sudah memberikan yang terbaik soal pengerjaan ide, gagasan, dan penulisan. Mengalir saja, tampilkan maksimal sesuai dengan konsep yang telah kita buat,” tandasnya.

Diketahui LKTI ini diikuti oleh berbagai mahasiswa aktif S1/D3 se PTMA di Indonesia.

Tim yang masuk dalam lima karya tulis terbaik telah mempresentasikan karyanya secara virtual pada babak final, Selasa-Kamis, 4-6 Oktober 2022 lalu.

Leave a Reply