UNISMUH.AC.ID, TAKALAR – Tim dosen Unismuh Makassar melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Kantor Desa Kalukuang, Kecamatan Galesomg Utara, Kabupaten Takalar belum lama ini.

Tim Dosen PKM Unismuh ini melakukan pendampingan pembuatan kimbab (Korea Food) pada kelompok usaha kemandirian masyarakat.

Ketua Tim Pengabdian Andi Amran Asriadi SP MPd MP mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti 25 orang dan dihadiri kepala BPD mewakili pemerintah desa, pengurus Bumdes, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat.

Andi Amran Asriadi, bersama beberapa anggota yakni Firmansyah SP MSi Ir Nailah Husain MSi, Mitra Usaha Mandiri PKM, Ika Karina SP dan tiga orang mahasiswa.

Firmansyah SP MSi salah satu pemateri PKM telah melakukan pendampingan kimbab pada usaha kemandirian masyarakat dengan melihat perkembangan ekonomi masyarakat untuk produk kuliner kurang banyak dilakukan oleh orang lain.

Sementara Andi Amran Asriadi, dalam kegiatan pendampingan ini membahas pelatihan pembuatan kimbab, pengembangan kemasan, serta pemasaran produk kimbab dengan cara mudah dipasarkan misal dengan online melalui facebook dan WhatsAPP.

“Alhamdulillah kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat maupun pemerintah desa,” ujar Andi Amran Asriadi

Kepala BPD Desa Kalukuang mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mempengaruhi efek kebangkitan usaha mandiri di bidang kuliner di masa depan khususnya di Desa Kalukuang, ujarnya.

Dikatakan Andi Amran, pada saat evaluasi materi pelatihan pendampingan kimbab (korea food), telah dikomunikasikan kepada peserta melalui diskusi dan tanya jawab.

Pendampingan pengabdian masyarakat ini menawarkan sebuah perubahan dan memanfaatkan potensinya untuk memulai usaha bisnis kuliner sehingga menjadi masukan usaha mandiri kepada masyarakat setempat dan pemerintah desa, tutur ketua tim Andi Amran Asriadi SP MPd MP.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply