UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) memiliki peran strategis dalam memajukan Persyarikatan Muhammadiyah. Peran itu ditunjukkan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, dengan menggelar Pembekalan dan Penguatan Nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan bagi alumni.

Pembekalan tersebut digelar di Hotel Four Points, Jl Andi Djemma Makassar, Jumat, 7 Oktober 2022. Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian Ramah Tamah Alumni dalam rangka Wisuda angkatan ke-77 Unismuh Makassar.

Ketua Panitia Pembekalan Dr Achmad AC mengungkapkan, bahwa sebagai kaum intelektual, alumni Unismuh Makassar memiliki peran yang sangat strategis dalam memajukan Persyarikatan Muhammadiyah. Peran strategis tersebut, antara lain dalam pengembangan cabang dan ranting Muhammadiyah.

Dalam laporannya Achmad AC menyebut, kegiatan ini diikuti oleh 160 alumni yang berasal dari 7 Prodi S2, yakni Pendidikan Dasar, Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Indonesia, Administrasi Publik, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen, dan Agribisnis.

Ada empat materi yang disajikan, yakni Hakikat Muhammadiyah oleh Wakil Rektor IV Unismuh Drs KH Mawardi Pewangi MPdI, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah oleh Direktur Pascasarjana Unismuh Prof Irwan Akib.

Ada pula materi Revitalisasi Pengembangan Cabang dan Ranting oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Makassar Chaeruddin Hakim, serta Strategi Dakwah Muhammadiyah oleh Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan Dr Dahlan Lamabawa.

Direktur Pascasarjana Unismuh Makassar Prof Irwan Akib berharap agar penguatan Al Islam Kemuhammadiyahan dapat diimplementasikan dalam kehidupan keseharian, sebagai wujud nyata peran serta dalam memajukan persyarikatan.

”Para alumni diharapkan jadi bintang iklan Pascasarjana Unismuh di tengah-tengah masyarakat. Itulah wujud peran alumni memajukan almamater Unismuh Makassar,” jelas Irwan.

Ia juga mendorong pimpinan untuk terus berinovasi dan berimprovisasi dalam mengembangkan program pascasarjana. “Saya berharap pimpinan prodi terus memikirkan cara bagaimana mahasiswa magister dan doktoral untuk menyelesaikan kuliah cepat dan tepat waktu,” jelasnya.

Hal itu penting dilakukan, lanjut Irwan, agar mahasiswa tidak menjadi beban dan kendala dalam mewujudkan akreditasi unggul, baik untuk prodi di pascasarjana, maupun akreditasi institusi.

Saat menghadiri Ramah Tamah Pascasarjana pada malam harinya, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse menegaskan bahwa tugas alumni sebagai warga Muhammadiyah, yakni berikhtiar mewujudkan maksud dan tujuan Muhammadiyah, yakni mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya

Dalam ramah tamah itu pula, diumumkan wisudawan terbaik program Pascasarjana yakni Ratna, alumni Prodi Magister Pendidikan Islam, dengan IPK 4,0.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Rektor II Unismuh, Prof Andi Sukri Syamsuri , yang juga Sekretaris Jenderal Ikatan Keluarga Alumni Unismuh Makassar.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply