UNISMUH.AC.ID – MAKASSAR – Dalam rangka memudahkan akses informasi bagi Dosen, Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menghadirkan produk mesin anjungan basis data.

Produk Mesin Anjungan Basis Data ini adalah hasil dari output kegiatan pengabdian melalui hibah internal Unismuh Makassar 2022 yakni “Mesin Anjungan Basis Data Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”.

Ketua Tim Program Hibah Internal Pengabdian Dosen Unismuh Lukman Anas SKom MT mengatakan, selain dirinya, tim yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini yakni Dr Muh Yunus Ali (Sekretaris Divisi Pengabdian Masyarakat yang juga Dosen Teknik) dan Dr Agustan (Dosen FKIP).

Lukman Anas yang juga Analis Software Engineer, mengatakan bahwa produk mesin anjungan yang diciptakan ini nantinya digunakan untuk keperluan pengecekan hasil karya – karya dosen.

“Lewat mesin anjungan ini terdapat berbagi fitur yang bisa diakses mulai data penelitian, data pengabdian, data publikasi, data HAKI, data buku, data produk inovasi dan pengecekan persuratan,” kata Lukman, di Kampus Unismuh, Senin 03 Oktober 2022.

Dalam pembuatan dan perancangan sistem aplikasi penggunaan mesin anjungan basis data informasi ini dirancang pula agar mudah dipahami dan diaplikasikan bagi dosen dilingkup Unismuh Makassar.

“Untuk mengakses hanya perlu memasukkan NIDN atau NIDK dosen kemudian akan tampil identitas dari dosen yang bersangkutan, juga terdapat menu tambahan yaitu fitur Scan QR Code dan cetak report,” tambahnya.

Tidak hanya itu katanya, dosen juga bisa menggunakan fitur cetak report langsung pada mesin anjungan tersebut. Nantinya akan tercetak langsung berupa rekapan jumlah masing-masing karya yang dimiliki oleh dosen tersebut menggunakan paper thermal roll atau biasa juga disebut kertas resi.

“Kita berharap pengelolaan sistem ini bisa dimaksimalkan dalam pengelolaan basis datanya dan informasi,” ujar Lukman.

Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda menambahkan, produk mesin anjungan basis data ini merupakan hasil pengabdian pada masyarakat dosen Unismuh.

Wakil Rektor I berharap bagi dosen Unismuh yang lainnya bisa melakukan inovasi baru didalam kegiatan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Lebih lanjut Rakhim Nanda mengatakan, melalui aplikasi ini dosen dapat mengecek setiap saat dan kapan mereka mau terkait data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan karya ilmiah lain yang dimiliki.

“Mudah – mudahan dalam waktu yang tidak lama dapat dibuat gandanya agar setiap fakultas dapat digunakan,” tutup Rakhim Nanda.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply