UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sebanyak 106 orang mahasiswa Pendidikan Dokter dan 60 orang mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih (PUT) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti Penyambutan dan Baitul Arqam di Gedung Balai Sidang Muktamar, Sabtu 24 September 2022.

Mereka merupakan mahasiswa baru yang tinggal di Asrama Pesantren Mahasiswa KH Djamaluddin Amien (Pesmadina) Unismuh Makassar.

Kepala Pengelola Pesmadina, Sitti Chaerani Djaya MPd, dalam laporannya mengatakan bahwa penyambutan dan Baitul Arqam ini sudah sampai pada angkatan ke 8.

Kegiatan ini, katanya, berada di bawah pengawasan Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan.

“Namun masih ada 174 orang mahasiswa yang belum berkesempatan berasrama karena masih ada perbaikan kamar sehingga akan dilakukan pembinaan secara virtual,” ungkapnya.

Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Dr Mawardi Pewangi, dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini.

“Agar bagaimana mencetak sarjana muslim yang berakhlak mulia dalam rangka mewujudkan tujuan Muhammadiyah, yakni masyarakat islam yang sebenar benarnya,” ujarnya sekaligus membuka acara.

Oleh karena itu, selama di Pesmadina, mahasiswa akan dibiasakan hidup islami, seperti hidup bersih, disiplin dan rajin bersosialisasi, terbiasa tadarrus dan membaca Al-Qur’an, serta salat tepat waktu dan berjamaah.

“Mahasiswa akan dibina oleh Kiai Pesmadina sehingga nantinya menjadi mahasantri yang murni akidahnya, mulia akhlaknya, tertib ibadahnya, dan unggul muamalah dunianya, sehingga menjadi ummat terbaik dan ummat unggul,” pungkas Dr Mawardi.

Turut memberi sambutan secara virtual, Ketua Pengurus Aslama Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA), Dr Irwan Badilla dan amanah dari Sekretaris Diktilitbang PP Muhammadiyah, Dr Muhammad Samsudin.

Hadir pula Direktur PUT Dr Abbas Baco Miro, Dekan FKIK Prof Suriani As’ad, Dekan Pertanian Dr Ir Andi Khaeriyah, Sekretaris PUT Dr Dahlan Lamabawa, serta para ustadz dari berbagai jurusan.Wakil Rektor IV Unismuh Harapkan Pesmadina Cetak Lulusan Berkarakter dan Berakhlak mulia.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply