UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi (Prodi) Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Ta’aruf dan Orientasi Akademik untuk Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Akademik 2022/2023. Kegiatan digelar di Mini Hall Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Sabtu, 19 September 2022.

Ketua Prodi (Kaprodi) Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar Dr Jamaluddin Arifin menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan acara sosialisasi visi dan misi, sekaligus capaian pembelajaran lulusan prodi, serta profi lulusan.

“Melalui kegiatan ini kami memperkenalkan budaya akademik yang dikembangkan di Prodi. Kami menegaskan kepada mahasiswa, jika mereka mengikuti proses dengan baik, mereka akan memiliki kualitas daya saing dan keunggulan,” ungkap Jamaluddin, saat dihubungi, Senin, 19 September 2022.

Dalam ta’aruf tersebut, Pimpinan Prodi menyosialisasikan bahwa Pendidikan Sosiologi Unismuh telah meraih akreditasi A sejak tahun 2019. Selain itu, prodi ini juga giat membuka kerja sama di tingkat nasional maupun internasional.

Keunggulan dosen Pendidikan Sosiologi Unismuh juga dipaparkan di hadapan Maba, dimana sebagaian besar telah berkualifikasi Pendidikan S3, bahkan dua orang di antaranya telah meraih jabatan fungsional Guru Besar.

“Alhamdulillah, para dosen juga kerap memenangkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat, baik pada level nasional maupun internal Unismuh Makassar. Ada hibah nasional dari Kemdikbud dan PP Muhammadiyah, maupun hibah dari LP3M Unismuh,” jelas Jamaluddin, yang merupakan Alumni S3 Sosiologi Universitas Negeri Makassar.

Sementara itu, Sekretaris Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh, Sam’un Mukramin MPd, juga mengulas seputar Profil Lulusan jika mahasiswa telah menyandang gelar sarjana. Menurutnya, mahasiswa Pendidikan Sosiologi dipersiapkan menjadi pendidik Sosiologi baik guru maupun dosen.

Selain itu, mahasiswa juga dapat menjadi peneliti sosial, dan penggerak masyarakat sebagai pegiat organisasi/ lembaga sosial kemasyarakatan. “Yang terpenting, di Prodi ini kami mempersiapkan mahasiswa memiliki pola pikir dan sikap yang adaptif terhadap perkembangan zaman,” ungkap Sam’un.

Orientasi akademik ini juga dihadiri para dosen yang memberi motivasi kepada Maba agar tekun menyelesaikan kuliah, agar bisa selesai tepat waktu.

“Kebetulan, sebagian besar dosen prodi kami, adalah alumni Pendidikan Sosiologi Unismuh. Salah satu motivasi yang diberikan kepada maba, mereka juga bisa menjadi dosen seperti kami,” tutup Sam’un, yang merupakan kandidat Doktor Sosiologi di Universitas Padjajaran, Bandung.

Dalam acara ini, puluhan Maba Pendidikan Sosiologi hadir dengan mengenakan seragam almamater Unismuh berwarna biru.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply