UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Pertanian (FP) Unismuh Makassar menggelar kegiatan Ta’aruf Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023.

Sebanyak 154 Orang Mahasiswa baru Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti kegiatan Ta’aruf Akademik secara kolektif,

Kegiatan Ta’aruf Akademik tersebut digelar secara daring di Aula Fakultas Pertanian dan diikuti sebanyak 154 Orang Mahasiswa Baru Sabtu, 10 September 2022.

Dari 154 Orang Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut terbagi 4 Program Studi (Prodi) yakni Prodi Agribisnis dengan rincian 77 orang, Prodi Kehutanan dengan rincian 40 Orang, Prodi Budidaya Perairan dengan rincian 20 Orang serta Prodi Agroteknologi dengan rincian 17 Orang.

Dalam pelaksanaan Kegiatan Ta’ruf Mahasiswa baru diberikan materi selayang pandang Fakultas Pertanian, Akademik, Kerja sama dan Keuangan, Kemahasiswaan dan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Disamping itu juga para Mahasiwa Baru ini juga diperkenalkan lembaga yang ada di FP Unismuh Makassar yakni Lembaga Kemahasiswaan diantaranya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Pimpinan Komisariat (PIKOM) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kehutanan, HMJ Budidaya Perairan, HMJ Agroteknologi.

Selain itu Pemaparan dari masing-masing Ketua Program Studi dan Sistem Informasi Akademik juga Kepala Tata Usaha.

Hadir dalam kegiatan Ta’aruf FP Unismuh Makassar adalah jajaran Pimpinan Fakultas mulai dari Dekan Dr Ir Andi Khaeriyah MPd, Wakil Dekan 1 Dr Jumiati Lira SP MM, Wakil Dekan 2 Akbar SP MSi, Wakil Dekan III Muhamad Ikbal SPi MSi dan Wakil Dekan IV Ardi Rumallang SP MM.

Hadir pula para Pimpinan Program Studi (Prodi) yakni Ketua Prodi Agribisnis Nadir SP Msi, Ketua Prodi Prodi Kehutanan Dr Hikmah Basalama SHut, MSi, Ketua Prodi Budidaya Perairan Asni Anwar SPi MSi, Ketua Prodi Agroteknologi Dr Ir Rosanna MP, Sekertaris Prodi Kehutanan Jauhar Mukti MHut IPP dan Sekertaris Prodi Agribisnis Muh Ikmal Saleh SP MSi, Jajaran Simak dan Kepala Tata Usaha yakni Muhammad Irwandi Amri SPi MP dan Hj Aminah Aminah Kadir SE.

Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Andi Khaeriyah MPd dalam sambutannya memberi penegasan bahwa Mahasiswa baru yang memilih kuliah di Fakultas Pertanian Unismuh Makassar adalah orang -orang pilihan sebab di kampus ini mahasiswa akan punya banyak waktu untuk belajar dan menggali potensi yang ia miliki dalam hal ini mengasah kemampuan akademik dan kemampuan kepemimpinan mahasiswa itu sendiri. Untuk sumberdaya dosen fakultas pertanian telah memiliki 51.% Dosen sudah bergeser Doktor dan Fakultas Pertanian telah memiliki 3 Guru Besar dibidang agribisnis.

“Artinya atmosfer akademik di Fakultas Pertanian Insya Allah akan jauh lebih sehat dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan Kualitas Pembelajaran akan jauh lebih baik kerna didukung oleh sumberdaya Dosen yang kompeten di bidangnya,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Mahasiswa Baru FP Unismuh Makassar diharapkan dapat mengasah kemampuan kepemimpinanya selama berjas almamater biru kerna di kampus ini mahasiswa selain mengasah prestasi akademik Mahasiswa juga bisa berkompetisi untuk meraih prestasi non akademik.

“Olehnya itu, mahasiswa baru diharapkan aktif di Organisasi Kemahasiswaan yakni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), kerna IMM adalah Organisasi Kemahasiswaan yang resmi dan diakui di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyah (PTMA) seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut Andi Khaeriyah menambahkan bahwa Unismuh Di Unismuh tersedia juga lembaga kemahasiswaan untuk mengembangkan Soft skill yakni Hizbul Wathan, Tapak Suci Putra Muhammadiyah, LKIM PENA, PERS Corong, PAHALA, UKM Bahasa, UKM Olahraga dan KOKAM.

“Mahasiswa harus memiliki Self Awareness yang didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengendalikan dirinya, dengan kemampuan ini seseorang dapat memahami kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri masing-masing,” tambahnya

Dekan FP Unismuh berharap bahwa mahasiswa baru harus benar-benar berkomitmen pada dirinya bahwa kuliah di Fakultas Pertanian harus benar-benar serius.

“Agar bisa selesai tepat waktu dan dapat menyelesaikan misi besarnya untuk menjadi sarjana yang bermanfaat untuk sesama dan membanggakan keluarga,” pungkasnya.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply