UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Prof Ambo Asse, menekankan sejumlah program strategis saat memberikan pemaparan pencapaian kampus di hadapan peserta Rapat Kerja Unismuh Tahun Akademik 2022/2023. Hal itu disampaikan Prof Ambo di Gedung Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Jumat 26 Agustus 2022.

Menurutnya, semua program berorientasi pada kemajuan Program Studi (Prodi), fakultas, universitas, serta Persyarikatan Muhammadiyah.

Pertama, Prof Ambo meminta adanya program yang mendorong pengembangan institusi, mulai dari Prodi hingga tingkat universitas.

“Kita dorong peningkatan kualitas dan nilai akreditasi maksimal, termasuk akreditasi internasional. Prodi lemah peminat perlu dievaluasi dengan melakukan langkah alternatif. Kita juga perlu meningkatkan kuantitas kemitraan, baik dalam maupun luar negeri,” tuturnya.

Selain itu, katanya, perlu pengembangan lembaga D3 menjadi S1, Program Profesi, Bidan, Ners, Apoteker, pendirian Fakultas Hukum, persiapan Prodi Kedokteran Gigi, dan Kesehatan Masyarakat.

Kedua, Prof Ambo mengharapkan program yang meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM profesional dalam lingkup kampus.

“Dosen dan tenaga pendidik didorong untuk lanjut studi sesuai kebutuhan dan kemampuan, juga menyediakan reward kepada dosen yang berprestasi luar biasa,” katanya.

Prof Ambo melanjutkan bahwa pembinaan SDM termasuk untuk mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan.

“Mahasiswa sebagai kader harapan masa depan Muhammadiyah, masyarakat, umat dan bangsa. Lembaga kemahasiswaan sebagai wadah pengembangan keterampilan dan prestasi mereka,” sambung Prof Ambo.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel ini juga meminta semuanya bersinergi mendukung program pengembangan Persyarikatan Muhammadiyah pada tingkat wilayah, daerah, cabang, dan ranting.

Hal Ini juga disertai dengan follow up terhadap amal usaha di bawah naungan Unismuh Makassar.

“Amal usaha kita ada Pesantren Darul Fallah Bissoloro, Unismuh Medical Centre, SD Unismuh, SMP Unismuh, SMA Muhammadiyah I Unismuh, Pesmadina, PUTM, Ma’had Al birr, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh, dan PT. Surya Pangan Indonesia,” terangnya.

Hal lain yang ditegaskan Prof Ambo yakni perlunya langkah langkah peningkatan kualitas layanan kampus, pembinaan intensif terhadap penerima bantuan biaya pendidikan, pembangunan gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 12 lantai, dan pembangunan gedung laboratorium terpadu 8 lantai.

Raker Unismuh tersebut akan berlangsung hingga Sabtu, 26 Agustus 2022. Pada hari pertama, agenda raker mendengarkan pemaparan pencapaian Unismuh dari Rektor Unismuh, Ketua Badan Pembina Harian (BPH), dan para Wakil Rektor Unismuh Makassar.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply