UNISMUH.AC.ID, PUPMSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan menggelar Launching Pendidikan Ustadz Pesantren Muhammadiyah (PUPM). Selain acara Launching, Unismuh juga bakal menjadi tuan rumah Rakorwil Pesantren Muhammadiyah se-Sulsel.

Launching PUPM akan dilakukan oleh Rektor Unismuh Makassar bersama Lembaga Pengembangan Pesantren PP Muhammadiyah (LP2 PPM) dan Majelis Diktilitbang PPM.

Acara launching bakal dihelat di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh, Rabu, 10 Agustus 2022. Usai launching, acara dilanjutkan dengan Rakorwil Pesantren Muhammadiyah hingga Kamis, 11 Agustus 2022.

Lukman Abd Shamad Lc selaku Ketua LP2M PWM Sulsel, menjelaskan bahwa PUPM adalah Program
S1 dengan menerapkan sistem pendidikan berasrama yang akan terintegrasi dengan Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar.

Program Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini, lanjutnya, menyasar 360 orang ustadz/ah dari 9 Pesantren Muhammadiyah (PesantrenMu) seluruh Indonesia yang telah memenuhi
persyaratan.

“Unismuh Makassar termasuk salah satu yang memperoleh kuota tersebut, sehingga sebanyak 30 orang mahasiswa PUPM nantinya akan ditanggung perkuliahannya oleh kampus untuk angkatan pertama tahun akademik 2022/2023,” terangnya.

Sekretaris LP2M PWM Sulsel, Dr Ali Bakri menambahkan bahwa PUPM hadir untuk menjawab banyaknya persoalan Sumber Daya Manusia (SDM) di PesantrenMu.

“Dengan pesatnya perkembangan PesantrenMu, banyak persoalan yang turut menyertai. Salah satunya berupa kelangkaan tenaga pendidik yang kompeten, yakni ustadz/ah,” tukasnya.

Profil Lulusan PUPM

Profil lulusan pendidikan ini adalah S1 dan S2 yang telah dididik dan memilki kemampuan sebagai berikut:

  1. Besok, Unismuh Makassar Akan Launching PUPM Dirangkaikan Rakorwil Pesantren Muhammadiyah se Sulsel MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan menggelar Launching Pendidikan Ustadz Pesantren Muhammadiyah (PUPM). Selain acara Launching, Unismuh juga bakal menjadi tuan rumah Rakorwil Pesantren Muhammadiyah se-Sulsel. Launching PUPM akan dilakukan oleh Rektor Unismuh Makassar bersama Lembaga Pengembangan Pesantren PP Muhammadiyah (LP2 PPM) dan Majelis Diktilitbang PPM. Acara launching bakal dihelat di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh, Rabu, 10 Agustus 2022. Usai launching, acara dilanjutkan dengan Rakorwil Pesantren Muhammadiyah hingga Kamis, 11 Agustus 2022. Lukman Abd Shamad Lc selaku Ketua LP2M PWM Sulsel, menjelaskan bahwa PUPM adalah Program S1 dengan menerapkan sistem pendidikan berasrama yang akan terintegrasi dengan Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Program Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini, lanjutnya, menyasar 360 orang ustadz/ah dari 9 Pesantren Muhammadiyah (PesantrenMu) seluruh Indonesia yang telah memenuhi persyaratan. “Unismuh Makassar termasuk salah satu yang memperoleh kuota tersebut, sehingga sebanyak 30 orang mahasiswa PUPM nantinya akan ditanggung perkuliahannya oleh kampus untuk angkatan pertama tahun akademik 2022/2023,” terangnya. Sekretaris LP2M PWM Sulsel, Dr Ali Bakri menambahkan bahwa PUPM hadir untuk menjawab banyaknya persoalan Sumber Daya Manusia (SDM) di PesantrenMu. “Dengan pesatnya perkembangan PesantrenMu, banyak persoalan yang turut menyertai. Salah satunya berupa kelangkaan tenaga pendidik yang kompeten, yakni ustadz/ah,” tukasnya. Profil Lulusan PUPM Profil lulusan pendidikan ini adalah S1 dan S2 yang telah dididik dan memilki kemampuan sebagai berikut: 1. Tafaqquh fi ad-diin: a. membaca dan memahami kutub at-turats, b. berbahasa Arab dan Inggris aktif 2. Kependidikan dan kepesantrenan: a. Memahami kurikulum dan pembelajaran di pesantren Muhammadiyah; b. Memahami manajemen pesantren. 3. Berideologi Muhammadiyah: a. Kepribadian Muhammadiyah b. Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup (MKCH) Muhammadiyah c. KetarjihanTafaqquh fi ad-diin:
    a. membaca dan memahami kutub at-turats,
    b. berbahasa Arab dan Inggris aktif
  2. Kependidikan dan kepesantrenan:
    a. Memahami kurikulum dan pembelajaran di pesantren Muhammadiyah;
    b. Memahami manajemen pesantren.
  3. Berideologi Muhammadiyah:
    a. Kepribadian Muhammadiyah
    b. Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup (MKCH) Muhammadiyah
    c. Ketarjihan.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply