UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR –  Unismuh Makassar dalam hal ini Lembaga Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi tuan rumah pelaksanaan Canvassing Activities secara Hybird, Selasa 21 Juni 2022. 

Pelaksanaan Canvassing Activities yang dihelat di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar dibuka Pelaksana Harian Rektor Unismuh Makassar Dr Ir Abdul Rakhim Nanda, MT IPM yang juga Wakil Rektor I Unismuh.

Kegiatan Canvassing Activities ini dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan peran dan nature Duta Kampus Merdeka (DKM) sebagai to-person serta untuk membantu mengakselerasi implementasi kampus merdeka secara benar dan berkelanjutan. 

Pelaksana Harian Rektor, Rakhim Nanda menyampaikan bagi orang Bugis – Makassar tamu itu adalah rahmat dan semoga kehadiran para peserta ini menjadi rahmat dan berkah bagi Unismuh Makassar 

Dikatakan Unismuh Makassar memiliki visi dan misi serta roadmap pengembangan kampus sama dengan kampus lainnya,”tandas Rakhim Nanda.

Rakhim Nanda menjelaskan, Unismuh menuju unggul telah dibuat roadmap Unismuh dalam beberapa tahap. Pertama tahun 2020 – 2024 Unismuh menjadi Perguruan Tinggi Bereputasi/Nasional ( Akreditasi Unggul ).

Tahap kedua, 2024 – 2028 Unismuh persiapan menuju bereputasi/ terakreditasi Internasional. Tahap ketiga 2028 – 2032, Unismuh menjadi Perguruan Tinggi terakreditasi Internasional.

Tahap keempat, 2032 – 2036, Unismuh menjadi Research University dan tahap kelima, 2036 – 2040, Unismuh menuju kampus Edupreneur University.

Terkait dengan visi- misi Unismuh, kehadiran
pemerintah secara formal di dalam kampus sebut Rakhim Nanda dapat memicuh adrenalin untuk mewujudkan lebih cepat program-program yang telah diimpikan.

“Kehadiran lembaga formal di dalam kampus untuk melakukan monitoring mendorong kita bekerja secara rapi dan sistematis serta bertanggungjawab,”ujar Rakhim Nanda.

Rakhim Nanda juga dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaanmya kepada Unismuh Makassar sebagai tuan rumah kegiatan ini.

“Aturan-aturan dan regulasi yang dibuat oleh pemerintah juga mendorong seluruh stakeholder Unismuh dapat menyesuaikan atas regulasi atau aturan yang ditetapkan pemerintah,”ujar Rakhim Nanda.

Pelaksana Harian Rektor ini menyebutkan bahwa dia akan bisa menyadarkan seluruh stakeholder  bahwa aturan yang ditetapkan,  regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah itu dalam rangka menata kampus perguruan tinggi Indonesia berdaya saing internasional harus bisa menyesuaikannya.. 

“Edukasi, strategis yang diberikan ujungnya bagaimana Universitas kita di Indonesia termasuk Unismuh Makassar itu sendiri untuk bisa berdaya saing internasional,”ujar Rakhim Nanda.

Rakhim Nanda berharap nanti perguruan tinggi berpikir untuk negara. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti ITB, UI dan UGM dan yang setara termasuk Unhas masuk kampus 10 besar di Indonesia sudah bisa mencetak menteri dalam artian bahwa kampus sudah memikirkan  untuk negara. Dan ini salah satu kesyukuran di Unismuh bahwa dari 176 perguruan tinggi Muhammadiyah di seluruh Indonesia itu payungnya satu Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah aturannya sama dan seiring aturan pemerintah kadang-kadang belum sampai ke perguruan tinggi yang lain sudah disosialisasikan di Unismuh.

“Kami bersyukur dan kami jadikan kekuatan di dalam membina perguruan tinggi. Tugas Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah memberi semangat mendorong dan memicu Muhammadiyah seluruh Indonesia untuk maju. Dan Unismuh Makassar dipercaya menjadi pembina perguruan tinggi Muhammadiyah Kawasan Timur Indonesia,”ujar Rakhim Nanda.

Koordinator Nasional Komunitas DKM, Yanuar Dwi Prastyo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Unismuh Makassar yang telah memfasilitasi kegiatan Canvassing Activities dengan berbagai aktifitas yang telah diberikan, 

“Semoga dengan kegiatan ini Unismuh Makassar terus berkontribusi dan semakin berjaya dalam dunia pendidikan terkhusus pada perguruan tinggi di Indonesia,”ungkapnya.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply