UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – 105 Kepala SMA Sederajat se-Sulawesi Selatan bakal hadir pada puncak peringatan Milad ke-59 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Dalam momentum inilah, ratusan kepala sekolah tersebut bakal menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Rektor Unsimuh Makassar.

Puncak peringatan Milad ke-59 Unismuh akan dihelat pada Senin, 20 Juni 2022. Acara akan digelar di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh, Jl. Sultan Alauddin.

Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri, sebagai penanggung jawab acara menjelaskan, penandatanganan MoA tersebut merupakan kerjasama turunan dari Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel.

MoU dengan Dinas Pendidikan Sulsel tersebut rencananya bakal ditandatangani dalam acara Sarasehan Pendidikan yang akan digelar sehari sebelumnya, Ahad malam, 19 Juni 2022.

“Jadi payung hukum kolaborasi dengan Kepala SMA se-Sulsel tersebut, yakni MoU dengan Pak Kadis Pendidikan Sulsel,” kata Andis, sapaan akrab Wakil Rektor II Unismuh Makassar itu.

Andis menambahkan bahwa 105 Kepala Sekolah yang diundang adalah sekolah yang jumlah siswanya paling banyak meneruskan pendidikan di Unismuh Makassar. Selain itu, sekolah yang siap membangun kemitraan dengan Unismuh, juga bakal diundang.

“Kemitraaan dengan Unismuh Makassar tentu dalam kaitan dengan peningkatan kualitas SDM dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujarnya.

Wujud implementasi MBKM, lanjut Andis, berupa kemitraan Guru, Mahasiswa dan Dosen di sekolah yang dikenal dengan istilah Kampus Mengajar, riset berupa Penelitian Tindakan Kelas, Magang Praktek Kerja di Sekolah, Kuliah Kerja Nyata Tematik, Kewirausahaann dan lain lain.

“Intinya, bagi Unismuh inilah wujud pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi,” kata Wakil Rektor II Unismuh Makassar ini.

Saat ini sejumlah acara telah digelar sebagai rangkaian kegiatan Milad ke-59 Unismuh. Lomba yang sedang digelar yakni lomba Musabaqah Tilawatil Quran, Lomba Video dan Pamflet untuk Promosi Kampus, Lomba Karya Tulis dan Lomba Tahfiz.

Sementara itu, baksos dalam bidang kesehatan digelar dalam bentuk pemeriksaan kesehatan mata, operasi mata secara terbatas, dan sunatan massal. Kegiatan ini bakal digelar di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Pada Puncak peringatan Milad ke 59 Unismuh Makassar, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Setiawan Aswad PhD bakal menyampaikan Orasi Ilmiah tentang disrupsi di dunia pendidikan.

Leave a Reply