UNISMU.AC.ID, MAKASSAR – Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unismuh Makassar, Dr Muhammad Tahir mendoromg mahasiswa untuk terus meningkatan prestasinya baik itu dalam bidang akademik maupun non akademik termasuk pada kegiatan lomba-lomba baik tingkat universitas, regional, nasional bahkan internasional.

Muhammad Tahir mengatakan ini saat ini mewakili rektor dalam acara peresmian dan Press Confrence Duta Kampus Unismuh Makassar, di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ( FKIK ) Unismuh, Kamis, 2 Juni 2022.

Acara peresmian dan press confrence duta kampus Unismuh Makassar mengusung tema ‘Aktualisasi Tri Darma Perguruan Tinggi dalam mewujudkan Mahasiswa Unggul dan Berintelektual’. Hadir para wakil dekan III dan para ketua program studi se Unismuh Makassar serta para pengurus BEM dan HMJ.

Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir mengatakan, lomba duta kampus yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dilaksanakan secara internal kampus se Unismuh Makassar. Dimana pada tahun sebelumnya pemilihan duta kampus dilaksanakan secara eksternal dengan diikuti sejumlah perguruan tinggi.

Dikatakan, Muhammad Tahir, untuk pembinaan kegiatan kemahasiswaan ditangani secara profesional sehingga terwujudlah cita-cita untuk melaksanakan kegiatan peresmian dan press confrence duta kampus sekaligus dalam rangka persiapkan untuk lomba tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan tingkat nasional.

Muhammad Tahir melihat dalam masa periode keduanya manajemen pengembangan kreativitas dan prestasi mahasiswa cukup baik, hal ini dapat dilihat dari prestasi akademik maupun non akademik mahasiswa Unismuhmuh yang semakin meningkat.

Dikatakan sejak diberi amanah menjadi
wakil rektor tahun 2017 hingga sekarang ini diberi tanggungjawab untuk membentuk lembaga pengembangan mahasiswa dan alumni tingkat universitas yakni LPKA. Dan lembaga ini dibawah koordinasi wakil rektor bidang kemahasiswaan, sebut Muhammad Tahir.

“Lembaga ini dibentuk untuk sebuah kebutuhan akreditasi baik pada tingkat prodi maupun institusi,”tambah Muhammad Tahir

Karena pentingnya lembaga ini maka pengurusnya akan segera di SK- kan oleh rektor menjadi satu lembaga struktural ditingkat universitas. Lembag ini sekaligus dibawah komando rektor meskipun pengurus lembaga ini tetap akan berkoordinasi dengan wakil rektor.

Dalam manajemen pengembangan kemahasiswaan lanjut Muhammad Tahir telah bercita – cita bahwa diperiode keduanya ingin meletakkan dasar-dasarnya dan siapapun nanti penggantinya sudah ada dasar peletakan sistem pengembangan kemahasiswaan dan lainnya.

Dikatakan sejak 2017 hingga 2020 Unismuh selalu mendapatkan peringkat untuk perengkingan bidang kemahasiswaan pada itingkat LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara dan berharap kedepan prestasi mahasiswa terus meningkat.

Semua ini bisa dicapai sebut Muhammad Tahir berkat kerjasama Universitas, Prodi, serta lembaga kemahasiswaan untuk melaksnakan kegiatan yang bersifat lomba, atau kompetisi maupun yang bersifat mandiri kesemuanya ini memberi nilai sebagai salah satu poin prestasi yang berkontribusi pada akreditas.

Diakhir sambutan Muhammad Tahir menyebut wakil rektor III bersama dengan rektor telah berkomitmen mendorong untuk meningkatkan anggaran kemahasiswaan dalam setiap kegiatan lomba dalam rangka meningkatkan prestasi baik itu bidang akademik maupun non akademik.

“Insya Allah dalam rapat kerja pada Agustus mendatang Anggaran Pendapatan dan Belanja Universitas ( APBU ) untuk kegiatan kemahasiswaan seperti lomba- lomba bisa ditingkatkan anggarannya,”janji Muhammad Tahir.

Muhammad Tahir juga mengatakan semua lomba- lomba apapun yang sifatnya promosi akan dianggarkan sekaligus akan bekerjsama dengan humas untuk publikasi di media.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Citra Utami melaporkan seleksi Duta Kampus se Unismuh Makassar pada 24-28 Mei 2022 telah menjalani tes dimulai technical meeting, pembekalan dan serangkaian tes muali dari tes bakat, interview hasilnya diumumkan 28 Mei baru-baru ini dan diresmikan Kamis 2 Juni

(Humas Unismuh)

Leave a Reply