UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Empat Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil lolos dan menfdapatkan pendanaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor III Unismuh Makassar Dr Muhammad Tahir, di Kampus Unismuh, Selasa, 31 Mei 2022.

Tim PKM pertama, lolos dalam skema PKM ‘Pengabdian Kepada Masyarakat’, dengan judul ‘Edukasi Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Penguatan Pendidikan Karakter bagi Anak-Anak di Kelurahan Bonto-Bonto’.

Tim PKM tersebut dipimpin Nurhalisa, Ilmu Mahasiswi Pemerintahan Unismuh. Anggotanya terdiri dari Yuliana Mahasiswi Ilmu Pemerintahan, Nuramanah Mahasiswi PGSD, Nurjannah Mahasiswi Ilmu Pemerintahan dan Akramullah Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Unismuh Makassar

Tim Kedua, yakni skema PKM “Riset Sosial Humaniora”. PKM itu berjudul “Etnomatematika Budaya: Eksplorasi Nilai-Nilai Matematika Tenun Toraja sebagai Pengembangan Critical Thinking Skill dalam Pembelajaran Matematika.

Tim skema tersebut terdiri dari Nurfadillah (Ketua), dengan beranggotakan empat orang yakni Abdillah Khofial Luthfi, Aisyah Masitha Wati, Muh. Irham Latif, dan Muhammad Nuraimanti. Kelimanya berasal dari Program Studi Matematika.

Sementara itu, tim ketiga yang lolos pada skema PKM “Karsa Cipta”, berjudul “Infinite Architecture (IA): sistem aplikasi web pengenalan budaya dan arsitektur kawasan rumah adat berbasis VR, AR, serta Screen Mirroring.

Ketua tim PKM tersebut yakni Muhammad Aldi (Teknik Arsitektur), dengan beranggotakan empat orang, yakni Nurman Awaluddin (Teknik Informatika), Khaerul Mubarak (Teknik Arsitektur), A. Idham Khalid (Teknik Arsitektur), Annisa Maulidina Alni (Teknik Arsitektur).

Tim keempat, yakni tim PKM dalam skema “Kewirausahaan” dengan judul “Durio Mask: Masker Berbahan Kulit Durian Sebagai Antiseptik Pencegah Jerawat”. Irmawati (Pendidikan Agama Islam) bertindak selaku Ketua Tim, berangotakan dua orang yakni Karmilah (Ilmu Administrasi Negara) dan Rika Handayani (Farmasi).

Wakil Rektor III Unismuh Makassar Dr Muhammad Tahir memberikan apresiasi untuk keempat tim tersebut. “PKM ini adalah program yang diluncurkan setiap tahun oleh pusat prestasi nasional Kemdikbudristek. PKM ini adalah salah satu program yang paling bergengsi, karena akhir dari program ini nanti secara berkelanjutan adalah Pekan Ilmiah Nasional,” ungkapnya.

Tujuan PKM ini, lanjutnya, untuk meningkatkan prestasi mahasiswa di bidang akademik, dengan memberikan penguatan kemapuan untuk menulis dan kemampuan ide kreatif yang dituangkan dalam bentuk proposal, yang akan didanai oleh Kemdikbudristek.

“Alhamdulillah setiap tahunnya kita mengikuti kegiatan ini. Khusus untuk Top 10 untuk pendanaan PKM kita masuk dalam 10 bersar untuk untuk tingkat sulawesi, tetapi kalau untuk tingkat nasional PTMA kita masuk ke peringkat 13. PKM ini merupakan kegiatan yang sangat bergengsi yang seperti kompetisi bisnis mahasiswa Indonesia, Kewirausahaan Mahasiswa, Lomba Robot dan lain sebagainya,” ungkapnya.

(Humas Unusmuh)

Leave a Reply