UNISMUH.AC.ID, ENREKANG– Program Studi (Prodi) Kehutanan Universitas Muhammadiyah (Unismuh)  Makassar sukses selenggarakan Seminar Evaluasi Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik perhutanan Sosial, Jum’at 15 April 2022. 

Seminar Evaluasi Program KKN-T Unismuh Makassar dirangkaikan dengan Pelantikan KUPS Mata Allo yang dilaksanakan di Villa Lassaran, Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang. 

Tema tentang mempersiapkan kelembagaan KUPS yang mandiri dan Kokoh dalam menyongsong pengembangan Integrated Area Development Perhutanan Sosial di Kabupaten Enrekang. 

Kegiatan Seminar ini dihadiri oleh suvervisi  Unismuh yang diantaranya turut hadir ialah Dr Hikmah Basalamah MSi Dr Ir Hasanuddin Molo. MP dan Ir Muh Daud M. Si kmudian KPH Mata Allo yang diwakili  Muchlis SHut MSi pihak BPSKL Para ketua KUPS se-Kabupaten Enrekang dan juga seluruh mahasiswa kehutanan yang mengikuti program KKN tematik Perhutanan Sosial. 

Selaku perwakilan Prodi Kehutanan Dr Ir Hasanuddin Molo MP dalam sambutannya  menyampaikan apresiasi lebih Dan rasa terima kasih kepada mahasiswa kehutanan Unismuh yang telah diterima dengan baik Dan juga sukses menyelenggarakan program-program edukatif selama kegiatan KKN Tematik berlangsung. 

“Selain itu, disambutan yang lain, kepala KPH Mata Allo tentu berterima kasih dengan adanya mahasiswa KKN Kehutanan Unismuh, mereka merasa terbantu dalam mengawal dan membimbing KUPS dalam meningkatkan produk Hasil hutan,” katanya. 

Lebih Lajut Hasaruddin Molo menambakan lewat KKN Tematik ini, Kehadiran mahasiswa Kehutanan Fakultas Pertanian di Enrekang. 

“FP Unismuh Makassar  berhasil mendampingi kelompok masyarakat khususnya kelompok tani hutan dalam rangka peningkatan SDM dan peningkatan kelembagaan kelompok dalam mengakses berbagai bantuan dari Kementerian Seperti  Pengadaan Tanaman Hutan, Bantuan Ternak Sapi, Kambing dan mendapatkan bantuan pendanaan, termasuk Pengembangan Produk Hasil Hutan,” tambahnya. 

Sehingga, output yang diharapkan dalam program-program kreatif ini kedepan mampu memberikan edukasi kepada para KUPS se-kabupaten Enrekang. 

“Tentunya kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa prodi kehutanan memberikan pelajaran lebih perihal konsep Perhutanan Sosial secara aktual dimasyarakat,” tandasnya. 

(Humas Unismuh)

Leave a Reply