UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh menjadikan mata kuliah kewirausahaan sebagai salah satu mata kuliah wajib. Materi tidak sekadar disampaikan oleh dosen, melainkan juga mengundang para praktisi.

Salah satunya dengan mengundang Konten Kreator Rijal Djamal, untuk memotivasi mahasiswa berwirausaha. Kuliah Tamu tersebut digelar di Mini Hall FKIP Unismuh, Senin, 21 Maret 2022.

Rijal Djamal merupakan konten kreator yang aktif di sosial media baik instagram ataupun youtube. Ia mulai dikenal berkat konten menarik yang selalu disajikannya. Tak hanya lucu namun juga kritis dan berisi, hal tersebut dapat terlihat dari setiap makna dalam karya video yang dibuatnya.

Aktif menjadi influencer dan konten kreator, Rijal Djamal juga kerap kali mengisi beberapa event hingga menjadi pembicara talkshow.

Selain Rijal Djamal, narasumber lainnya yakni Muhammad Akram Pakki, Direktur Utama Pengembang Properti Syariah Alfath Land.

Dalam ulasan materinya, Rijal mendorong agar mahasiswa memiliki mindset dan mental kewirausahaan sejak dini, apalagi peluang tersebut semakin terbuka lebar pada era digital.

“Mahasiwa harus memanfaatkan era ini dengan penguatan keterampilan dan pengetahuan, serta memperkaya pengalaman. Hal itu akan sangat membantu menjadi seorang entrepreneur,” ungkapnya.

Rijal juga meminta mahasiswa terbiasa bertindak cepat, dalam memanfaatkan kesempatan. “Langsung mulai jika ada kesempatan dan peluang. Apalagi hanya dengan memanfaatkan media sosial akan sangat membantu mahasiswa bersentuhan dengan dunia wirausaha,” tandasnya.

Sementara itu, CEO AL Fath Land Akram Pakki banyak mengulas contoh praktik berwirausaha tanpa riba, sesuai petujuk syariah.

Ia menceritakan prospek bisnis tanah kavling dan villa yang ada di area wisata Bollangi. Akram Pakki juga menawarkan kolaborasi dalam praktik mata kuliah Kewirausahaan.

Acara ini dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi Drs Nurdin MPd. Menurutnya, kuliah tamu ini merupakan upaya menyeimbangkan teori dan praktik pada mata kuliah kewirauasahaan.

“Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mengenali lebih awal bakat, potensi dan skill yang dimiliki, sehingga dengan bekal tersebut mahasiswa mampu melihat peluang dan tantangan dalam berwirausaha,” ungkapnya.

Ajakan Kuliah di Sosiologi Unismuh

Di akhir sesi, Rijal Djamal mengapresiasi berbagai kemajuan yang diraih Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh yang telah meraih akreditasi A. Ia mengajak pelajar SMA agar bergabung di Prodi tersebut.

“Era sekarang yang dituntut adalah bagaimana kita bisa memberikan kontribusi mbagi masyarakat. Di Pendidikan Sosiologi Unuismuh, saya kenal banyak alumninya yang hebat-hebat. Di Prodi ini, anda bisa menjadi pendidik dan tenaga kependidikan, peneliti sosial, dan yang pengabdi sosial di masyarakat,” ungkapnya.

Rijal Djamal mengakhiri kuliah tamunya dengan berpantun. “Ke pasar membeli duren/ duren disiapkan untuk tamu/ mau tahu jurusan paling keren/ Jurusan Sosiologi Unismuh,” tutupnya.

Sekretaris Prodi Pendidikan Sosiologi Dr Jamaluddin Arifin mengucapkan terima kasih atas dukungan Rijal Djamal. “Jika ada yang ingin kuliah di Prodi kami, namun terkendala biaya, Insyaallah kami akan siapkan beasiswa,” pungkasnya.


(Humas Unismuh)

Leave a Reply