UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyepakati Memorandum of Agreement (MoA) dengan FKIP dari dua Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Kedua PTM tersebut yakni Universitas Al-AMinMuhamamdiyah (UM) Sorong dan Universitas Muhammdiyah (UM) Banjarmasin,

Penandatanganan MoA tersebut dilaksanakan di ruang Dekan FKIP Unismuh, Jl Sultan Alauddin Makassar, Senin, 7 Februari 2022.

Selain MoA, ditandatangani pula Implementation of Agreement (IA) antara Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Matematika Unismuh Makassar dengan prodi yang sama di UM Sorong.

IA juga ditandatangani oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Bahasa Indonesia Unismuh dengan prodi serupa di UM Banjarmasin.

Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib PhD berharap Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) PTM dapat saling mendukung meski berbeda wilayah.

“Dengan adanya kerjasama ini, kita berharap dapat berkolaborasi bersama-sama mencapai universitas yang unggul,” ungkap Erwin.

Melalui kerja sama tersebut, lanjut Erwin, LPTK yang ada di PTM bisa berkembang sebagai wujud sumbangsih pada negara. “Sumbangsih utamanya dengan menghasilkan guru yang lebih profesional, sehingga mendukung pengembangan SDM bangsa,” jelas Erwin.

Kolaborasi antar PTM tersebut bermuara pada pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pembinaan Al-Ilsam Kemuhammadiyahan.

Perwakilan UM Sorong Herianti SPd MPd mengatakan bahwa mereka berencana memaksimalkan kolaborasi publikasi ilmiah, dan pengembangan sumber daya masing-masing institusi.

“Mengingat Unismuh Makassar merupakan PTM terbesar di bagian timur, kami berupaya mengambil contoh baik, agar kami bisa menjadi lebih besar seperti Unismuh,” ungkapnya.

Secara khusus berharap Herianti melalui kerja sama ini, dapat meningkatkan publikasi internasional.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply