MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Rektor Universitas Muhammadiyah Mamuju (UMI Maju), Dr Furqam Mawardi, M.Pi membawa rombongan dosen dan puluhan mahasiswa berkunjung ke Kampus Unismuh Makassar, Jumat, 17 Drsember 2021.

Rektor UMI Maju dan rombongannya diterima di Ruang Senat Universitas, lantai 17 oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Ambo Asse, serta Wakil Rektor I, Dr Ir H Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II, Dr H Andi Sukri Syamsuri dan Wakil Rektor IV, Drs KH Mawardi Pewangi.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, dalam acara penyambutan menyampaikan selamat datang kepada rektor UMI Maju dan rombongannya atas kunjungannya ke Kampus Unismuh.

Rektor Prof Ambo Asse, sekikas menjelaskan tentang kondisi Unismuh Makassar saat ini, termasuk kampus Unismuh memiliki luas kurang lebih 6 ha, membina 7 fakuktas dan 1 program pascasarjana dengan 49 program studi dengan jumlah mahasiswa mencapai 19 ribu orang.

Prof Ambo juga menyampaikan aset lainnya yang dimiliki Unismuh, Pusdiklat di Bollangi, Gowa kurang lebih 13 ha, didalamnya ada rusunawa, aula, masjid, peternakan ayam, gudang pembelian jagung di Doja, Gowa, pesantren Unismuh di Bissoloro, Gowa kirang lebih 75 ha, PUT, Ma’had dan sejumlah aset lainnya yang dimiliki Unismuh.

Sementara Wakil Rektor I, Rakhim Nanda yang membidangi akademik singkat mengatakan sebagai universita baru yang harus diperkuat adalah sistemnya. Prodi yang baru harus ditata rapi dengan sistem termasuk struktur organisasinya dan tatakelolanya harus rapi. Menjalankan sistem yang baik harus bekerjasama tidak boleh ada yang jalan sendiri-sendiri.

Sementara Wakik Rektor II Bidang SDM, Andi Sukri Syamsuri mengatakan terkait penerimaan dosen Unismuh mengacu kepada peraturan menteri, yakni dosen minimal berpendidikan S2 dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Dan terkait tenaga keoendidikan adalah yang menguasai IT. Dan terkait kesejahteraan dosen sudah sama dengan ASN.

Sementara Wakil Rektor IV, KH Mawardi Pewangi menyebutkan di PTM ada catur dharma, yaitu Al Islam dan Kemuhammadiyaan ini yang harus diperkuat, dengan melakukan pengajian, DAD dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Sementara itu, Rektor UMI Maju, Furqam Mawardi, mengatakan kunjungannya ke Unismuh Makassar ingin shering sekaligus untuk mendapatkan masukan terkait pengembangan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Universitas Muhammadiyah Mamuju yang baru berubah status dari sekolah tinggi 23 Juni 2021 lalu tentu kata Rektor UMI Maju, Furqam Mawardi masih harus banyak belajar dari perguruan tinggi lainnya yang dianggap sudah sudah lebih maju yakni Unismuh Makassar.

Dikatakan, Rektor UMI Maju, Furqam Mawardi mengaku kalau dia juga pernah menempuh pendidikan di Makassar serta beberapa dosen yang ikut dalam rombongan adalah alumni S2 Unismuh. Sebelum berkunjung ke Unismuh dia juga berkunjung ke PT Semen Tonasa dan PT KIMA.

Terkait pengembangan akademik, Oktober 2019 lalu telah mengusulkan 5 program studi berbasis lokal dan Alhamdulillah empat prodi yang lolos, diantaranya prodi bidang peternakan dan perikanan. Sekaramg ini kata Dr Furqam jumlah mahasiswa yang dibina sebanyak 2000-an mahasiswa.

Leave a Reply