Citizen Reporter

Laporan: Khadija Rasido
Mahasiswa KPI Unismuh Makasaar melaporkan dari Gowa

GOWA. Kondisi Desa Bontolangkasa Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan masih berjalan normal, hanya saja pasar-pasar tidak lagi dijumpai para pedagang pada sore hari.

Pemandangan Senin siang (30/3/2020), anak sekolah tidak terlihat dipinggir jalan dengan seragam sekolah mereka.

Tetapi ada saja  warga masih lalu lalang di jalanan dan anak-anak tetap dibiarkan bermain di luar rumah serta pada siang hari mereka  menangkap ikan di persawahan setempat.

Masyarakat di desa ini melakukan berbagai aktivitas di rumah masing-masing, termasuk anak sekolah, karena ada perintah berdiam diri di rumah dari pemerintah untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Tetapi tidak jarang ada masyarakat masih melanggar perintah tersebut dengan tetap bekerja diluar rumah karena terdesak kebutuhan ekonomi dan juga orang tua yang tetap membiarkan anak-anak mereka bermain diluar rumah dengan bebas.

Adanya perintah berdiam di rumah ini, banyak warga mengeluhkan keadaan ekonomi mereka dimana kebijakan itu membuat para pekerja harian mandek, dan menjadi pengangguran hingga waktu yang tidak pasti.

Selain itu para warga desa itu mulai di bayang-bayangi kekhawatiran bakal  terjadi PHK terhadap anak-anak mereka yang bekerja di kota.

Namun pemerintah setempat tidak tinggal diam, telah mengupayakan semaksimal mungkin memberi perhatian untuk warga desa dengan selalu menghimbau masyarakat agar selalu waspada dan menjaga kebersihan.

Sesuai rencana Selasa pagi 1 April 2020 akan diadakan penyemprotan desinfektasi untuk pencegahan wabah Corona.

Pemerintah juga selalu menghimbau masyarakat agar tetap terus berikhtiar dan bertawakal kepada Allah SWT.

By admin

Leave a Reply