MAKASSAR, UNISMUH.AC.ID – Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Sulsel menggelar sedaring nasional, Rabu 10 Nopember 2021, mengusung tema, Lierasi Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi Covid-19 dirangkaikan peluncuran Antologi Puisi HPBI Sulsel.

Pada acara sedaring itu tampil jadi narasumber di antaranya, Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Dr.H.Andi Sukri Syamsuri, A.Md, S.Pd,M.Hum, panggilan akrab Dr. Andis.

Para narasumber lainnya yang membawakan makalah adalah, Ketua HPBI Pusat, Dr. Yeyen Maryani, M.Hum; Ketua HPBI Sulsel, Prof Dr.Anshari, M.Hum; Dosen Unhas, Dr.Ery Iswari, M.Hum dengan moderator
Dr.Ratnawati M.Pd.

Dr Andis pada sedaring itu memaparkan makalah berjudul, Repetisi Bahasa di Masa Pandemi: Habitus Baru di Balik Interaksi Sosial.

Fenomena pandemi Covid 19 adalah terjadinya proses perubahan tata nilai pada masyarakat kemudian berangsur angsur menjadi perubahan praktik sosial, ungkap Sekretaris HPBI Sulsel ini.

Perubahan bahasa itu meliputi perkembangan istilah baru sekaligus perulangan dalam bahasa (repetisi) pada membentuk penekanan dan pendisiplinan sosial.

Ha tersebut dilakukan sebagai upaya suatu negara yang dianggap mampu memutus mata rantai penularan virus Corona, tegas Timsel Anggota KPU Sulsel Pemilu 2019 ini.

Penamaan nilai nilai baru repetisi bahasa kemudian menjadi indikator dalam membaca perubahan multi sektoral di masa pandemi, kata
Tim Penyelia PPG Kemenristekdikti RI.

Konfigurasi bahasa pandemi Covid 19, berfungsi dalam menjelaskan sekaligus mengkonstruksi sistem pengetahuan yang bekerja untuk merespon fenomena di sekitar lingkungan.

Konfigurasi bahasa melalui istilah yang digunakan pada fenomena pandemi termasuk; lockdown, karantina, pembatasan sosial, pembatasan fisik, prokokol kesehatan, di rumah saja, tes cepat, tes usap, vaksinasi, ungkap Sekjen DPP Kemawa ini.

Repetisi bahasa itu menunjukkan dominasi tata nilai yang mempengaruhi internalisasi tindakan dan perilaku sosial.

Kebiasan keteraturan, pendisiplinan melalui repetisi bahasa secara tekstual maupun kontekstual adalah stimulus dalam membentuk perilaku sosial, kata
mahasiswa teladan RI 1993 ini.

Habitus baru itu terasa pada internalisasi dunia layar, interaksi dalam jaringan (daring. Internalisasi kreatifitas dan inovasi pembelajaran melalui dunia virtual (pembelajaran dalam jaringan aplikasi ruang guru, webinar, literatur digital.

Internalisasi dan interaksi dalam jaringan efektifitas pelayanan satu atap dengan pelayanan berbasis algoritma dan artificial intelegencia, tandas penulis tiga buku selama masa pandemi Covid-19 ini.

Internalisasi nilai nilai sosial dimasa pandemic mewujudkan habitus baru dalam praktek sosial. Masa pandemi Covid 19, bahasa menjadi penanda simbolik dalam membangun wacana.

Bahwa wacana adalah semua bentuk tindakan komunikasi manusia terhadap realitasi termasuk tindakan komunikasi dalam merespon fenomena pandemi, ungkap Sekjen IKA Unismuh Makassar ini.

Dr Andis sebelumnya 28 Oktober 2021 nara sumber sedaring nasional dan peluncuran bukunya memperingati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, mengusung tema, Mengukuhkan Eksistensi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Penghela di Dunia Pendidikan.

Hal sama juga dijalani dengan jadi
nara sumber Webinar Nasional bertajuk, Refleksi dan Aktualisasi Nilai Nilai Sumpah Pemuda dalam Konteks Kekinian, Ahad, 31 Oktober 2021.

Webinar skala nasional ini diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) Sulsel, dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93.

Leave a Reply