MAKASSAR. Ansyitah Ramadhan Ma’had Al Birr Unismuh Makassar yang berlangsung selama 6 hari di Masjid Subulussalam Al Khory Unismuh Makassar ditutup Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Dr Ir H Abd Rakhim Nanda, MT, Rabu 21 April 2021.

Rahim Nanda di hadapan 250 mahasiswa Ma’had Al Birr menjelaskan proses penciptaan manusia seperti yang dikutip dalam surah Al-Mu’minum/23: 12-14 serta surah surah lainnya dalam Al-Quran yang menyebutkan proses penciptaan manusia diawali dari sari pati makanan yang dikonsumsi yang bersumber dari tanah kemudian menjadikannya air mani yang disimpan dalam tempat yang kokoh yakni rahim.

Dan kemudian air mani itu kami, jadikan sesuatu yang melekat lalu menjadi daging, lalu dijadikan tulang belulang, lalu tulang itu dibungkus lagi dengan daging dan kemudian menjadi mahluk dalam bentuk lain. Lalu diberi lah penglihatan, pendengaran dan hati namun sedikit sekali manusia yang bersyukur.

Kalau melihat proses penciptaan manusia itu adalah sama baik itu laki laki maupun perempuan diciptakan dari bahan yang sama serta potensi dasar sama seperti nafsu.

“Inilah kadang kadang nafsu yang ada dalam diri manusia yang cenderung mendorong jiwa manusia melakukan hal yang beda, ” ujar Rahim Nanda

Dalam diri manusia memiliki jiwa, dan beruntunglah manusia yang selalu mensucikan jiwanya dan sebaliknya merugilah orang yang selalu mengotori jiwanya.

Disinilah Rakhim Nanda menyebut pentingnya pendidikan Al-Quran untuk memahami Islam secara benar.

Memahami Al-Quran maupun yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW kita bisa membedakan mana yang baik serta yang buruk tinggal bagaimana hati menerimanya.

Ramadhan ini kata Rakhim Nanda momentum mensucikan diri dari segala perbuatan yang tidak baik dilakukan selama ini.

Dalam mensucikan diri Allah SWT juga memberikan kita jalan pintas malalui jalan tobat yang sungguh sungguh. Dan jika tobat dilakukan dengan sungguh-sungguh maka Allah SWT akan mengampuninya semua dosa dosa yang pernah kita lakukan.

Makanya bulan Ramadhan ini dapat dimanfaatkan untuk beribadah dengan melakukan kebaikan sebanyak banyaknya dan semoga kebaikan dibulan ramadhan ini juga bisa tertanam di luar bulan Ramadhan.

Rakhim Nanda juga dalam, kesempatan ini meminta mahasiswa Al Birr Unismuh Makassar mendoakan Syekh Al Khory agar selalu diberi kesehatan dan juga keberlangsungan pembinaan studi Islam dan pemahaman Al-Quran mahasiswa Ma’had Al Birr Unismuh Makassar tetap berjalan.(ulla/yahya)

By admin

Leave a Reply