UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Dr Muhammad Tahir yakin bahwa pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas Muhammadiyah Makassar tahun 2021, akan lolos sebagai finalis dalam Pilmapres tingkat nasional.

Hal tersebut diungkapkan Tahir, sapaan akrabnya, Senin (2/6/2021) di Ruang Kerjanya, Gedung Iqra Lantai 16, Kampus Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin.

Sepekan sebelumnya, mahasiswa Ilmu Manejemen Muhammad Asbar terpilih sebagai pemenang dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas Muhammadiyah Makassar tahun 2021.

Seperti tahun sebelumnya, tim seleksi dibentuk oleh Wakil Rektor 3 Unismuh Makassar dengan melibatkan perwakilan juri dari setiap fakultas dan tim Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA).

Perlu diketahui, Pilmapres ini melalui tahap seleksi disetiap fakultas masing-masing sebagai tahap awal menuju pilmapres tingkat Universitas. Setiap fakultas mengirim dua orang sebagai perwakilan untuk mengikuti seleksi ditingkat universitas.

Seleksi ini diikuti oleh 14 mahasiswa masing-masing dua orang perwakilan dari 7 Fakultas di Universitas Muhammadiyah Makassar yang telah melalui seleksi tingkat Fakultas dan telah memenuhi syarat administrasi.

Berdasarkan pedoman Pilmapres 2021, mahasiswa yang mengikuti seleksi ini wajib terdaftar pada Pangkalan Data-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa Program Sarjana maksimal semester VI. Selain itu mahasiswa berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2021, yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Menurut Wakil Rektor III Unismuh Makassar ini, mahasiswa tidak hanya perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan, melainkan butuh memadukan hard skills dan soft skills.

Pilmapres tahun 2021, kata Tahir, mengalami perubahan, yaitu mengintegrasikan asesmen berbagai kemampuan yang diperlukan di masyarakat. “Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup, di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan karakter unggul lainnya,” tambahnya.

Penilaian pilmapres memiliki beberapa tolok ukur, diantaranya IPK minimal 3.00, beberapa prestasi yang telah diraih, penulisan Karya Tulis Ilmiah, kemampuan berbahasa Inggris serta tes kepribadian yang direview oleh tim seleksi.

“Setelah melalui seleksi yang ketat itulah, Muh. Asbar dari Fakultas Ekonomi & Bisnis terpilih sebagai terbaik 1 Mahasiswa Berprestasi Unismuh Makassar. Ia akan menjadi perwakilan Unismuh Makassar pada seleksi tingkat wilayah pada bulan Juli mendatang. Insyaallah lolos ke tingkat nasional,” pungkas Tahir.

Leave a Reply