UNISMUH.ac.id, MAKASSAR – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Baitul Arqam untuk tingkat Pimpinan dan Dosen, Sabtu 25 Maret 2022. 

Kegiatan BA FKIP Unismuh Makassar dilaksanakan selama dua hari dimulai dari tanggal 25-26 Maret bertempat di Balai Sidang Muktamar ke 47 Unismuh Makassar. 

Dalam sambutannya Ketua Panitia Pelaksan Drs Syamsuryadi P Salenda MA mengatakan bahwa sebagai penyelenggara kegiatan mengucapkan terimah kasih kepada Dekan atas restu dan ijin dan ridho Allah SWT sehingga kita semua dapat melaksanakan Baitul Arqam tingkat Fakultas FKIP. 

“Hari ini dua fakultas yang melaksanakan kegiatan BA yang pertama Fakultas Pertanian yang telah melakukan pembukaan dan akan berakhir pada esok hari serta sore ini kita dari FKIP juga melakukan pembukaan kegiatan dan akan berakhir besok, ada tujuh fakultas yang telah melaksanakan kegiatan Baitul Arqam,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Wakil Dekan IV FKIP Unismuh ini menambahkan bahwa betapa pentingnya kegiatan baitul Arqam ini nantinya kita akan berkolaborasi dengan para instruktur dan pemateri seperti apa sesungguhnya Baitul Arqam. 

“Bagi yang belum pernah mengikuti kegiatan ini, agar betul-betul kita wakafkan diri kita selama pelaksanaan kegiatan berlangsung,” tambahnya. 

Sementara itu ditempat yang sama Dekan FKIP Unismuh Makassar SPd MPd PhD dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa sebenarnya pelaksanan kegiatan jika ingin dikatakan terlambat kita sudah sangat terlambat bagi FKIP di Unismuh ini, seharusnya sudah dari perdiode kemarin kita melaksanakan kegiatan pertahunnya, data setiap tahunnya itu sama tetapi upgrade terhadap materi itu sangat dibutuhkan. 

“Saya mengetahui bahwa di depan saya banyak yang sudah instruktur mulai dari IPM, IMM, hingga pemuda Muhammadiyah, tetapi dalam konteks bermuhammadiyah ada pengamalan yang harus dikuatkan,” ungkapnya. 

Nakhoda FKIP Unismuh ini juga menambahkan bahwa kegiatan ini begitu penting agar kedepan dapat di Transfer kepada para peserta didik kita dan tentunya juga baik kepada Individu kita masing-masing, sehingga saya mengusulkan lagi rencana di bulan ramadan dilaksanakan kegiatan tersebut. 

“Jika dilihat setahu saya Majelis Pembina Kader (MPK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan sangat getol dalam melaksanakan kegiatan BA diseluruh Indonesia karena hampir semua AUM sudah berlanjut bahkan sudah ada yang melakukan kegiatan Pelatihan Instruktur,” tambahnya. 

Dirinya menuturkan ada lima materi yang akan disajikan dalam pelaksanaan kegiatan Baitul Arqam termasuk ketua Pimpinan wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan itu yang banyak menyampaIkan materi. 

“Dengan harapan bahwa kepada seluruh peserta kita menghibahkan diri selama mengikuti pelaksanaan kegiatan, agar mengikuti kegiatan tersebut dengan baik sehingga konsep nyata dari materi tersebut dapat diaplikasikan,” tandasnya. 

(Humas Unismuh)

Leave a Reply