UNISMUH.AC.ID MAKASSAR, – Resepsi Milad Ke-1 Pesantren Mahasiswa KH Djamaluddin Amien ( Pesmadina ) Unismuh Makassar dilaksanakan secara sederhana di Masjid Subulussalam Al Khoory Unismuh Makassar, Selasa 1 Februari 2022.

Dalam rangkaikan Milad Ke-1 Pesmadina Unismuh diisi dengan pengajian yang dibawakan Ustadz Drs H. Agung Wirawan yang juga adalah mantan Dekan Fisip Unismuh.

Dalam rangkaian milad ke-1 Pesmadina juga penampilan peserta lomba ceramah tiga bahasa, yakni Arab, Inggris dan bahasa daerah.

Turut hadir Wakil Rektor IV, Drs KH Mawardi Pewangi, M.Pd.I, Direktur Ma’had Al- Birr Unismuh, H. Lukman Abdul Somad, Lc, Kiai Pesmadina, Dr KH Abbas Baco Miro, Lc, MA, Kepala Pengelola Pesmadina, Sitti Chaerani Djaya, S. Sos, M.Pd, Dekan FAI, Dr Amirah Mawardi, S.Ag, M.Si, Wakil Dekan IV FAI, Ahmad Nashir, S.Pd.I, M.Pd.I, Wakil Dekan IV FKIK, dr Ihsan Jaya, S.Ked serta mahasantri Pesmadina Unismuh Makassar.

Ustadz Agung Wirawan, mengatakan, kehidupan umat Islam di era globalisasi saat ini penuh dengan tantangan. Dari data umat Islam saat ini sisa 83 pesen lebih tidak lagi mencapai 90 persen umat Islam di dunia ini.

Setelah dianalisa merosotnya jumlah Islam di dunia, karena dua persoalan, yakni persoalan perut terkait kondisi kehidupan yang sangat keras serta persoalan dibawah perut.

Terkait persoalan dibawah perut, dikatakan kalau dahulu katanya, perkawinan beda keyakinan tidak dibolehkan tapi sekarang ini sudah mulai dibolehkan dan ini sudah sangat memprihatinkan, katanya.

Tetapi hal menggembirakan bahwa dibagian benua Eropa, Amerika, Australia dan Asia umat Islam mengalami pertumbuhan yang luar biasa, seperti halnya Amerika dan Inggris, bahkan di Inggris dari 31 walikota, terdapat 11 walikotanya adalah muslim.

Ustadz Agung Wirawan juga mengutif surah As-Saff (10 -11 ) dalam ayat ini kaum muslimin agar melakukan amal saleh dengan mengatakan, ” Wahai orang- orang beriman kepada Allah dan rasul-Nya apakah kamu sekalian aku mau tunjukkan sesuatu perniagaan yang bermanfaat dan pasti mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda dan keberuntungam yang kekal.

Untuk mahasiswa Pesmadina apakah mau ditunjukkan jalan Allah yang dapat menyelamatkan dunia dan akhirat tentu dengan syarat.

Adapun syaratnya sebut istadz Agung Wirawan, salat di awal waktu, salat berjamaah, bacaan harus fasih, rukun dan sujud terpelihara, berkasih sayang terhadap sesama, berjihad di jalan Allah SWT. Adapun dampak yang diperoleh bagi orang salatnya tepat waktu sesuai dengan janji Allah SWT adalah jiwanya akan tentram.

Wakil Dekan melaporkan Resepsi Milad Ke-1 Pesmadina Unismuh mengambil tema ” Meneguhkan Jati Diri Kader Pesmadina sebagai Penebar Nilai Utama Muhammadiyah”.

Laporan Ketua Panitia, Ahmad Agum Manoppo, menyampaikan,
pemutaran video Dr Muhammad Samsudin genap berusia 1 tahun majelos lotbang pp muhycapakn timbuh dam berkembbam semakin besar dan menjadi penopang perkemabgan unismuh dala, wadak membentuk karakter, fujgsi pt muh sebagai senter of selle pisat keumggulan dan midahan lahotlan dahlan dahlan mida dal menegaklan Islam yang sebenar bemarknya, pesmadina kuasai teknologi, sebagai tantangan dakwa diera digital berharap tumbuh dam berkembang semakin bermamfaat.

dengan penyerahan hadiah lomba milad Pesmadina motto menjadi penetas kader belia, pilar utama muhammadiyah.

Penampilan peserta lomba ceramah tiga bahasa oleh yang diikuti kurang lebih 20 orang, Akmal Ismail ( Bahasa Arab ), Muhammad Ilham ( Bahasa Daerah ) serta A. Nur Inayatul Aini ( Bahasa Inggris ).

Amanah Kiai Pesmadina, Dr KH Abbas Baco Miro, Lc., MA, dalam amanahnya mengatakan bahwa bahaya fitna hidup dimuka bumi, kalau kita lihat anak muda berkumpul baru honya saja dipwgang main , fitnah kehidupan kalau anak muda samasaama bukan muhrimnya, cerita tentang fitnahnya hidup dimuka bumi ini, tiba waktumya alatasohain laptop, masoh main game, ciri anak muda yamg kena fitnah dimuka bumi, kamu dilahirkan dimuka bumi ini, perbaiki salat, sedekah dan rajin puasa.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply