UNISMUH.AC.ID, BONE – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bersama Pemerintah Desa dan Kecamatan di Kabupaten Bone menggelar kegiatan English Camp.

Kegiatan English Camp yang dirangkaikan dengan Pengabdian Kepada Masyarakat di lingkungan Desa Mallinrung, Kamis 23 Juni 2022.

Kegiatan terselenggara atas inisiasi pemuda Karang Taruna Macera Desa Mallinrung dan mendapat dukungan dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan berlangsung pada tanggal 23-26 Juni 2022.

Dalam acara pembukaan, hadir sejumlah pejabat pemerintah, Danramil, Kapolsek, anggota DPRD, Karang Taruna, Kepala sekolah, Guru, Tokoh Agama dan Masyarakat menyambut positif penyelenggaraan kegiatan seperti ini di wilayahnya.

Antusiasme warga masyarakat menyambut tim dari kampus Unismuh Makassar untuk memberikan kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada putra putri mereka. Tercatat jumlah peserta dari beberapa jenjang pendidikan SMA, SMK, MAN, SMP, SD berjumlah 167 orang.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Mallinrung menyampaikan keprihatinannya atas aktivitas pemuda desa dan putra daerah yang menjauh dari kegiatan positif khususnya ke pendidikan.

“Banyak pemuda yang terjerumus pada obat obatan terlarang dan minuman keras, sehingga sangat penting diberikan kegiatan positif seperti yang dilakukan Unismuh kepada masyarakat kami, khususnya generasi kami” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Prodi PBI Dr Ummi Khaerati Syam MPd telah menjadikan kegiatan English Camp sebagai kegitan rutin yang terprogram untuk dilaksanakan dibeberapa daerah di Sulawesi Selatan dengan melibatkan semua unsur terkait.

“Pendampingan langsung oleh para dosen dan pimpinan prodi hingga saat ini. Tentunya pelibatan alumni dan mahasiswa aktif dari tiap daerah adalah salah satu unsur suksesnya kegiatan English Camp,” ungkapnya.

Lebih Lanjut Ummi Khaerati menambahkan kami sangat menyambut sambutan dari pemerintah desa dengan respon tinggi terkait pemberdayaan akademisi untuk kemajuan sumber daya manusia di wilayah Desa Mallinrung kecamatan Libureng.

“Kami selaku lembaga pendidikan tinggi, khususnya pencetak guru yang terkemuka dan menjunjung nilai-nilai Islami di timur Indonesia, tidak akan berhenti mengabdikan diri kepada masyarakat, baik melalui peran dosen, mahasiswa dan para alumni kami, ini sudah menjadi tugas kami selaku pendidik”. lanjutnya.

Ia menambahkan Doktor dibidang Multiple-intelligence ini menyampaikan “pemuda menjadi agen perubahan.

“Kami bersiap untuk menyiapkan para pemuda Libureng menjadi pemuda perubahan untuk daerahnya melalui tempaan pendidikan di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Unismuh Makassar,”tandasnya.

Rangkaian kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dijalankan secara bersama tetapi di tempat yang berbeda. Kegiatan English camp berlokasi di Lapangan Desa Mallinrung, yang diikuti oleh siswa SMA, SMK, MAN dan Kegiatan dalam ruangan di lingkungan SMP dan SD. Sinergitas pihak sekolah, para guru dan Dosen beserta mahasiswa sangat terlihat.

Antusias tinggi dari peserta kegiatan dikarenakan metode atau model pembelajaran berbeda dan telah didesain oleh tim camper yang dikoordinatori Heri Hermawan,M.Pd dan tim Research Group (RG) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply