UNISMUH.AC.ID, PARE-PARE – Dosen Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Makassar berkolaborasi dengan Dosen Fakults Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah (Unismuh) memberikan Pendampingan Pemanfaatan Pengelolaan tude(kerang laut) dalam meningkatkan gizi dan kesejahteraan masyarakat Kota parepare, Senin 27 Juni 2022.

Mengambil tempat di di Kecamatan Watang Soreang Parepare, Tim Pengabdian Masyarakat melaksanakan kegiatan dengan Judul kegiatan “Pemanfaatan Pengelolaan tude(kerang laut) dalam meningkatkan gizi dan kesejahteraan masyarakat Kota pare pare 2022”.

Ketua Pelaksana kegiatan tersebut Dr M Natsir MKes didampingi 2 orang dosen Poltekkes Kemenkes Makassar sebagai anggota pelaksana yaitu Drs Abidin MKes dan Dr Hendrayanti DCN MKes berkolaborasi dengan dosen Pendidikan Biologi FKIP Unismuh Makassar.

PKM ini dilaksanakan di kelurahan Wattang Soreang yang diikuti oleh 25 Orang peserta wanita yang berasal dari kelompok usaha bersama kerajinan bunga mekar dimana suami mereka mayoritas bekerja sebagai nelayan di pesisir pantai cempae.

Dalam kesempatan tersebut Anggota TIM PKM Wajdi menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memaksimalkan potensi alam di sekitar wilayah pesisir kota Parepare dengan memanfaatkan kerang laut untuk dijadikan sebagai salah satu cemilan kripik dan kerajinan tangan.

“Serta, memberikan edukasi tentang kandungan gizi yang sangat tinggi yang terkandung dalam kerang laut,” ungkapnya.

Lebih Lajut Wajdi menambahwakan bahwa oleh karena itu, diharapkan para peserta yang hadir dengan sepenuh hati berkomitmen akan hadir dan tetap melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan bersama dengan mitra pengabdian dan UMKM walaupun sudah tidak kami dampingi lagi.

“Kami berharap peserta bisa mandiri setelah mengikuti pelatihan ” ujar muh.wajdi sebagai salah satu anggota tim,”ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek masak dengan menggunakan bahan dasar kerang yang dipandu oleh tim pengabdian masyarakat, dengan menjelaskan mulai dari bahan-bahan yang digunakan, proses dan cara pengelolaan pembuatan keripik kerang sampai penyajian dan hasilnya akan di bantu dalam proses pemasaran baik secara offline maupun online.

Acara PKM ini ditutup dengan penyerahan peralatan oleh Ketua Pengabdian diwakili oleh M Natsir Adapun peralatan yang diserahkan kepada masing masing anngota mitra pengabdian berupa 1 unit kompor gas, 1 unit tabung gas, 2 unit Ampia, 2 unit Choper, dan 2 set alat masak untuk membantu keberlanjutan kegiatan dalam Persiapan pembuatan kerupuk kerang dan kerajinan berbahan dasar kerang.

” Pada saat penyerahan alat dipesankan agar peralatan tersebut digunakan sebaik mungkin oleh seluruh anggota mitra untuk menghasilkan produk makanan lokal berbasis kerang laut baik untuk konsumsi keluarga maupun untuk dijual (dipasarkan) guna membangun kemandirian dan kesejahtaraan anggota” Tukas M natsir

Sementara itu ditempat yang sama Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Biologi FKIP Unismuh Makassar Irmawaty menyampaikan bahwa kami sangat mendukung Kegiatan pengabdian masyarakat ini yang sudah sudah kesekian kalinya Prodi pendidikan Biologi FKIP UNISMUH melakukan kolaborasi dengan prodi keperawatan poltekkes makassar yang telah Menjalin kerjasama MOU sejak 2020 dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat” tukas Irmawanty selaku ketua prodi pendidikan biologi unismuh

(Rls/Humas Unismuh)

Leave a Reply