UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – FK Unismuh-BKKBN Sulsel Teken MoU Program Bangga Kencana. Penandatanganan MoU berlangsung di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, Selasa (8/6/2021).

Penandatanganan naskah perjanjian kerjasama (MoU) ini dalam rangka memilih FKIK Unismuh sebagai institusi pendidikan dan mitra strategis Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan dalam melaksanakan program Bangga Kencana, akronim Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel Dra Hj Andi Ritamariani MPd menjelaskan, kerja sama ini bertujuan agar program Bangga Kencana bisa kembali dilirik oleh semua kalangan.

“Program BKKBN cakupannya luas di masyarakat. Selain program pelayanan KB kami juga fokus dengan percepatan penurunan stunting, sehingga membutuhkan dukungan dari semua pihak, karena target kami tidak akan tercapai jika dilaksanakan sendiri,” ungkapnya.

Ia menambahkan, program pelayanan KB harus didukung dengan kapasitas sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan yang terstandarisasi.

Menurutnya, salah satu pelatihan yang dapat dilaksanakan yaitu melalui program pre service training di institusi pendidikan kedokteran dengan tujuan tersedianya tenaga provider yang terstandarisasi kompeten, sehingga setelah lulus dari pendidikan kedokteran mampu memberikan pelayanan KB.

“Dokter umum memiliki potensi sangat besar dalam upaya peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB. Lulusan dokter baru akan mengikuti internship di daerah di seluruh Indonesia, sehingga dapat meningkatkan akses pelayanan KB,” tambahnya.

Dengan demikian, ia menilai bahwa MoU ini sebagai langkah yang tepat mengandeng FKIK Unismuh dalam menjalankan program strategis mendatang.

“Bisa bekerja sama apalagi dengan sumber daya yang cukup baik, sehingga berharap bisa berjalan maksimal kedepannya,” tuturnya.

Amanah FKIK Unismuh

Dekan FKIK Unismuh Makassar Prof Dr dr Suryani As’ad MSc SpGK (K) mengapresiasi dan berterima kasih kepada BKKBN Sulsel atas amanah ini.

Dekan FKIK Unismuh yang baru saja dilantik ini menilai BKKBN Sulsel telah melakukan program yang sangat terasa bagi masyarakat.

“BKKBN sejak dulu sudah menjadi pioner dalam memperbaiki struktur masyarakat Indonesia, gaungnya terdengar dimana-mana bahkan hingga pelosok, BKKBN cukup cerdas berkolaborasi dan mengempowering mitra kerjanya,” tuturnya.

Dokter Spesialis Gizi ini berharap melalui kerja sama ini ada hasil dan outcome yang diperoleh secara kontinyu yang dapat berkontribusi terhadap masyarakat.

“Unismuh membuka peluang kerja sama dalam memberikan edukasi dan penyiapan tenaga medis terlatih yang siap memberikan pelayanan KB kepada masyarakat,” kata Prof Suryani.

Leave a Reply