UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bakal menggelar wisuda ke-75 secara luring. Prosesi ini akan digelar selama dua hari, Rabu – Kamis, 23-24 Februari 2022, di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin Makassar.

Meskipun Balai Sidang Unismuh tersebut memiliki daya tamping hingga 5000 orang, namun hanya diisi sekitar seperlima dari kapasitas. Wisuda hari pertama, akan diikuti 940 wisudawan, dan pada hari kedua 964 wisudawan. Pembagian sesi itu dilaksanakan dengan mempertimbangkan masa pandemi COVID-19.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Unismuh Makassar Nomor 0200 tahun 1443 H/2022 M yang ditandatangani Prof Dr Ambo Asse, tentang pelaksanaan wisuda ke-75 Unismuh Makassar.

Dalam SK Rektor Unismuh tersebut, orang tua wisudawan hanya diperbolehkan mengikuti prosesi wisuda melalui youtube Universitas Muhammadiyah Makassar (https://www.youtube.com/c/UniversitasMuhammadiyahMakassar).

Para wisudawan juga diwajibkan memakai masker sejak berangkat dari rumah masing-masing. Sebelum memasuki lokasi wisuda, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Bagi yang memiliki suhu tubh 37,50 ke atas, tidak diperkenankan mengikuti wisuda.

Panitia juga akan menyemprotkan disinfektan di sekitar lokasi, sebelum dan sesudah prosesi wisuda. Kursi wisudawan akan diatur dengan jarak minimal 2 meter.

Civitas akademika Unismuh juga akan diliburkan selama pelaksanaan wisuda, kecuali Anggota Senat BPH dan Panitia Wisuda.

Wisuda diploma, sarjana dan pascasrjanatersebut akan diikuti 1904 wisudawan dari 7 Fakultas dan Program Pascasarjana Unismuh Makassar.

Sesi pertama yang digelar Rabu, 23 Februari 2022, diikuti 940 orang. Mereka berasal dari 4 fakultas, yakni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (73 Wisudawan ), Fakultas Pertanian (105 Wisudawan), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (191 Wisudawan) serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (571 Wisudawan).

Sementara sesi kedua, Kamis, 24 Februari 2022 diikuti 964 wisudawan, yang terdiri dari Fakultas Agama Islam (39 Wisudawan), Fakuktas Teknik (141 wisudawan), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (671 wisudawan), dan Program Pascasarjana (113 Wisudawan).

Terkait tamu undangan, Ketua Panitia Drs Arfah Bas’ha MPdI menyebut, pihaknya mengundang Gubernur, Walikota, LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara, Kopertais Wilayah IX Sulawesi, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulslel, serta sejumlah Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sulsel.

Wisuda juga akan dirangkaian dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding dengan beberapa mitra Unismuh Makassar, yang terkait dengan pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi.

Leave a Reply