UNISMUH.ac.id, MAKASSAR – Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi secara luring ke Program Studi S3 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Acara pembukaan visitasi digelar di Ruang Rapat Senat Unismuh, Gedung Iqra Lantai 17, Jl Sultan Alauddin, Jumat, 27 Mei 2022.

Tim Asesor BAN PT terdiri dari Prof Dr Syamsun Niang dan Dr Amir Maliki Abitolkha. Mereka didampingi dua orang Staf BAN- PT Iwan Suprianto MM dan Ahmad Nur Rohman MSi.

Prof Syamsun Niang dalam pengantarnya mengatakan, setelah dua tahun tersandra dengan COVID-19, baru kali ini mereka ditugasi melakukan visitasi secara luring.

“Kami berempat dari BAN- PT ditugasi untuk melakukan konfirmasi secara luring untuk mendiskusikan borang yang sudah dikirim ke BAN-PT,”ujar Syamsun.

Dikatakan, untuk akreditasi program studi ada mekanisme yang harus diikuti dan ini sederhana katanya, kalau ada data, ada narasi, ada dokumen dan sejumlah pendukung lainnya sudah aman dan yang paling pokok adalah konsistensi.

Sementara itu, Dr Amir Maliki Abitolkha mengatakan visitasi lapangan yang dilakukan untuk melakukan konfirmasi data yang ada di borang. Sekaligus untuk lebih meyakini apa yang ada di borang sudah yang sudah dikirim sesuai dengan data yang ada dilapangan,maka inilah sampai dilakukan visitasi.

Amir Maliki yakin borang yang dikirim telah sesuai dengan data yang ada dilapangan sehingga visitasi ini bisa berjalan lancar. Dikatakan pula selain kunjungannya untuk melakukan asesmen juga menurutnya yang paling penting adalah silaturahimnya karena menambah lagi teman

Sebelum memulai melakukan Asesmen lapangan, Tim Assessor terlebih dahulu diterima di ruang senat universitas lantai 17 Gedung Iqra Kampus Unismuh Makassar oleh Rektor Prof H Ambo Asse dan Ketua BPH, Prof Dr H Gagaring Pagalung. Acara penerimaan ini dipandu Wakil Rektor I, Dr Ir H Abd Rakhim Nanda.

Selain itu hadir Hadir Wakil Rektor II, Dr H Andi Sukri Syamsuri, Wakil Rektor, Dr Muhammad Tahir, Wakil Rektor IV, Drs H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I, Direktur Pascasarjana, Dr H Darwis Muhdina dan seluruh Asdir Pascasarjana serta tim borang Pascasarjana S3 Prodi Pendidikan Agama Islam dan tamu undangan lainnya.

Rektor Prof Ambo Asse dalam kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada tim assessor BAN – PT bisa berkunjung ke Unismuh melakukan visitasi secara luring.

Rektor Prof Ambo Asse juga berharap tim penyiapan akreditasi Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Unismuh dapat memberikan informasi sesuai yang dibutuhkan tim assessor agar proses ini dapat berjala lancar.

Dalam kesempatan ini pula Rektor Prof Ambo Asse, memperkenalkan program studi yang dibina Unismuh saat ini, serta fasilitas lainnya yang dimiliki Unismuh.

Sementara itu Ketua BPH Unismuh, Prof Gagaring Pagalung, menyampaikan tugasnya sebagai patner rektor dalam mendapingi melakukan pembinaan dan pembangunan sarana dan prasarana.

Sekarang ini, sebut Prof Gagaring, Unismuh sedang membangun gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh berlantai 12 bersebelahan dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar.

(Humas Unismuh)

Leave a Reply